Langkah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok

Budidaya Lele Sangkuriang - Ikan lele sangkuriang adalah salah satu varietas ikan lele yang akhir-akhir ini banyak dibudidayakan. Karena punya potensi besar, banyak para peternak yang ingin mencari informasi mengenai cara budidaya ikan lele sangkuriang seperti artikel kali ini.

Sama halnya seperti ikan lainnya, ikan lele pun memiliki banyak varietas salah satunya ikan lele sangkuriang. Mendengar kata sangkuriang, kami pikir anda sudah tau karena diambil dari salah satu legenda dari Jawa barat yang cukup terkenal di Indonesia.
budidaya ikan lele sangkuriang dijamin sukses
budidaya ikan lele sangkuriang dijamin sukses
Penambahan nama sangkuriang dari varietas ikan lele ini dilakukan karena ikan lele sangkuriang dikembangkan oleh balai besar pengembangan budidaya ikan air tawar Sukabumi.

Ikan lele sangkuriang adalah hasil rekayasa genetika dari ikan lele dumbo melalui perkawinan sekerabat. Rekayasa genetika ini melahirkan sosok ikan lele sangkuriang yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ikan lele jenis lainnya yang tak kalah populer yaitu lele Dumbo diantaranya:

1. Pertumbuhan Lebih Cepat

Kelebihan ikan lele sangkuriang pertama adalah pertumbuhannya yang lebih cepat. Jika ikan lele Dumbo membutuhkan 30-40 hari untuk berkembang dari 2-3 cm menjadi berukuran 5-6 cm, ikan lele sangkuriang jauh lebih cepat hanya dengan membutuhkan waktu sekitar 20-25 hari saja.

Sedangkan pada fase pembesaran dari berukuran 5-6 cm menjadi ikan lele siap panen ikan lele sangkuriang hanya perlu membutuhkan waktu 50-60 hari saja, jauh lebih cepat dibandingkan ikan lele Dumbo yang membutuhkan sekitar 3-4 bulan.

2. Menghasilkan Telur lebih banyak

Selain lebih cepat pertumbuhannya, ikan lele sangkuriang juga bisa memproduksi telur lebih banyak dibandingkan dengan ikan lele Dumbo. Ikan lele sangkuriang bisa menghasilkan 40.000-60.000 butik terluar dengan daya tetas 90%, sedangkan ikan lele Dumbo menghasilkan 20.000–30.000 butir telur dengan daya tetas 80%.

3. Lebih Tahan Penyakit

4. Mudah dibudidayakan

5. Dagingnya lebih berkualitas

Jika dilihat dari kelebihannya, tentu tidak menutup kemungkinan anda akan sukses besar ketika membudidayakan ikan lele sangkuriang. Kelebihan tahan penyakit dan mudah dibudidayakan tentu akan sangat memudahkan para peternak yang berniat untuk membudidayakan ikan lele sangkuriang.
Lalu bagaimana cara membudidayakan ikan lele sangkuriang?
Sesuai dengan judulnya, bahasan topik artikel ini akan membahas tuntas mengenai cara ternak ikan lele sangkuriang. Untuk membudidayakan ikan lele sangkuriang, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena bisa dibudidayakan di berbagai kolam baik itu kolam tanah, tembok, beton maupun terpal.

Tutorial membudidayakan ikan lele sangkuriang kali ini menggunakan kolam tembok. Kenapa kolam tembok? Karena kolam tembok lebih adalah lebih awet dibandingkan dengan kolam terpal, selain itu biaya perawatan kolam tembok lebih murah walaupun biaya pembuatannya mahal. Untuk langkah-langkahnya bisa anda simak berikut ini:

Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Menggunakan Kolam Tembok

1. Pembuatan Kolam Tembok

Hal yang perlu anda lakukan ketika pertamakali membudidayakan ikan lele sangkuriang adalah membuat kolam tembok yang nantinya akan digunakan untuk media ternak. Silahkan rancang dahulu tempat dan ukuran kolam lalu sesuaikan dengan target ternak ikan lele sangkuriang, semakin besar targetnya, semakin besar juga ukurannya.
kolam tembok untuk budidaya ikan lele sangkuriang
kolam tembok untuk budidaya ikan lele sangkuriang
Setelah kolam tembok jadi, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membiarkan kolam ikan selama 3-6 hari.  Kemudian mulailah melakukan  pemupukan menggunakan pupuk organik atau yang dicampur dengan tanah pada dasar kolam dengan ketebalan sekitar 10-15 cm, hal ini dilakukan untuk memunculkan pakan alami yang akan sangat bagus untuk perkembangan ikan lele sangkuriang.

Setelah itu, mulailah untuk mengisi air pada kolam dengan ketinggian sekitar 30 cm dan diamkan selama 3 hari, usahakan kolam terpapar sinar matahari supaya pakan alami bisa cepat tumbuh. Lalu mulailah untuk menambah ketinggian air hingga 90-100 cm dan diamkan selama 3 hari sebelum digunakan, tambahkan juga beberapa eceng gondok.

2. Persiapan dan Penebaran Benih

Setelah kolam tembok sudah siap, langkah yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan benih. Anda bisa melakukan pemijahan atau bahkan membelinya, sebelum ditebarkan pastikan dulu benih ikan lele sangkuriang tersebut harus bebas dari penyakit dan memiliki tubuh yang tidak cacat.
benih ikan lele sangkuriang
benih ikan lele sangkuriang
Kemudian barulah anda boleh melakukan penebaran benih ikan lele sangkuriang, caranya silahkan sediakan ember atau bak lalu isi dengan air dari kolam tembok. Lalu ambillah beberapa benih lele dan masukan ke dalam bak diamkan beberapa saat sekitar 30 menit supaya benih ikan bisa beradaptasi dengan air kolam lalu tebarkan ke dalam kolam.

3. Pemberian Pakan

Ikan lele sangkuriang tidak usah diberi pakan selama 3 hari pasca proses penebaran, biarkan ikan tersebut memakan pakan-pakan alami yang ada pada kolam. Setelah itu barulah anda boleh memberikan pakan pada ikan lele sangkuriang.
pelet pakan ikan lele
pelet pakan ikan lele
Pakan ikan lele sangkuriang bisa berupa pelet, pelet merupakan pakan terbaik untuk ikan ini. Akan tetapi anda perlu memperhatikan ukurannya, supaya proses pembesaran ikan lele sangkuriang maksimal, anda bisa mengikuti ukuran berikut ini:
  • Pelet ukuran halus untuk lele dibawah 1 minggu
  • Pelet ukuran satu pada umur lele sampai 2 minggu
  • Pelet ukuran dari 2 minggu sampai mencapai umur 2 bulan
  • Pelet ukuran ke 3 pada umur 2 bulan hingga ikan siap dipanen
Selain memberikan pakan berupa pelet, anda juga bisa memberikan pakan alami dan juga alternatif sebagai pakan sampingan.

4. Perawatan

Seperti yang diketahui, salah satu kelebihan ikan lele sangkuriang adalah perawatannya yang sangat gampang. Yang perlu anda lakukan hanya memperhatikan kondisi air yang ada pada kolam tembok tempat anda membudidayakan ikan lele sangkuriang.

Anda bisa menambah air atau bahkan mengganti air apabila kondisi air sudah terlihat sangat keruh dan berbau tidak sedap. Selain itu anda juga harus melakukan pemberantasan hama serta penyakit yang bisa menggangu kehidupan ikan lele sangkuriang.

Sebelumnya kami sudah sempat membahas tentang cara mengobati salah satu penyakit yang sering terjadi pada ikan lele, anda bisa membacanya pada artikel berjudul cara obati ikan lele jamuran.

5. Pemanenan

panen ikan lele sangkuriang
panen ikan lele sangkuriang
Cara memanen ikan lele sangkuriang tidak jauh berbeda dengan cara ternak ikan lainnya. Anda bisa menggunakan jaring atau menyusutkan air dalam kolam saat menangkap ikan lele sangkuriang. Umumnya ikan lele sangkuriang bisa dipanen ketika berusia sekitar 50-60 hari.


Demikian cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok yang menjadi bahasan artikel kali ini. Silahkan lakukan sesuai dengan panduan supaya hasilnya bisa memuaskan. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga beberapa artikel lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Langkah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok

0 komentar:

Posting Komentar