Begini Cara Mengobati Ikan Lele Kembung dengan Ramuan Herbal

Budidaya ikan lele kini banyak diminati para peternak. Alasannya karena besarnya minat masyarakat terhadap kuliner hasil olahan ikan lele, saking besarnya banyak restoran mengedepankan makan olahan lele sebagai menu andalan.

Karena potensinya yang sangat besar, maka dari itu ikan lele tidak pernah sepi peminat. Untuk membudidayakan ikan lele ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan mulai dari menyiapkan kolam, penebaran benih, pembesaran hingga panen.
cara mengobati ikan lele kembung dengan ramuan herbal
cara mengobati ikan lele kembung dengan ramuan herbal
Tak hanya itu anda juga harus menjaga kesehatan ikan lele. Jika ikan lele terjangkit penyakit, tidak menutup kemungkinan bisnis budidaya ikan lele yang anda geluti bisa mengalami bangkrut karena ikan lele yang anda ternakan mati.

Dari sekian banyak penyakit yang bisa menjangkiti ikan lele, kembung adalah salah satu penyakit yang sering terjadi saat budidaya ikan lele. Selain itu jamuran juga sering menyerang ikan lele saat dibudidayakan.

Beberapa waktu lalu, kami sudah membagikan tips mengenai cara mengatasi ikan lele yang terserang penyakit jamuran, jika ikan lele yang anda ternakan mengalami jamuran, anda bisa membacanya di artikel berjudul cara mengatasi ikan lele jamuran.

Sesuai dengan judulnya postingan kali ini akan membagikan tips cara mengobati ikan lele yang mengalami perut kembung. Umumnya penyakit kembung pada ikan lele terjadi karena kelalaian sang peternak yang malas menguras air kolam.

Semakin kotor air kolam yang dijadikan tempat budidaya ikan lele semakin besar juga amoniak yang dihasilkan oleh ikan lele. Perlu diketahui amoniak merupakan cairan berlendir yang berguna untuk melindungi ikan lele.

Selain kondisi air dalam kolam yang sangat kotor, penyakit kembung yang menyerang ikan lele juga bisa diakibatkan oleh Pemberian pakan yang berlebihan, Lele stress dan juga PH air pada kolam tidak seimbang.

Membedakan atau mengetahui ikan lele yang terjangkit penyakit kembung gampang-gampang susah, karena tidak ada perbedaan nafsu makan antara ikan lele sehat dan ikan lele kembung. Ciri ikan lele kembung bisa diketahui ketika ada salah salah satu ikan lele yang mati dengan kondisi perut yang buncit.
bahan ramuan herbal ikan lele kembung
bahan ramuan herbal ikan lele kembung
Setelah ada ikan lele yang mati dengan kondisi perut buncit, jangan terlalu panik, karena rasa panik akan membuat masalah yang kita hadapi menjadi semakin rumit.

Langkah pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah mengganti air dalam kolam secara sedikit demi sedikit. Jangan menguras air sekaligus karena bisa membuat ikan lele stress dan akhirnya mati.

Selain itu masih ada beberapa ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati ikan lele kembung. Seperti apa kira-kira? Silahkan disimak beberapa resep obat herbal untuk mengatasi penyakit kembung pada ikan lele seperti berikut ini.

Cara Mengobati Ikan Lele Kembung dengan Ramuan Herbal

Bahan-bahan

  • 3 batang serai
  • 100 gr Bawang putih
  • 250 gr Kunyit
  • 100 gr Lada 100
  • 200 gr Kencur 200
  • 200 gr Temulawak
  • 500 gr Gula merah
  • 5 ltr Air bersih
Lihat Juga:
Langkah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok
membuat obat ikan lele kembung ramuan herbal

Langkah Membuat Obat Ikan Lele Kembung

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan bawang putih, kunyit, lada, kencur, temulawak bersama gula merah. Anda bisa mengulek atau memblender hingga benar-benar halus.
  2. Setelah bahan-bahan tadi sudah benar-benar halus, silahkan campurkan dengan air bersih lalu rebus hingga mendidih, jangan lupa juga untuk memasukan serai kedalam rebusan tersebut.
  3. Setelah air rebusan benar-benar mendidih, silahkan tambahkan 2 liter air ke dalam air rebusan tadi.
  4. Dinginkan lalu, saring menggunakan saringan dan pindahkan ke wadah.

Cara Pemakaian Obat Ikan Lele Kembung

Cara menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi ikan lele yang mengalami kembung sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan air hasil ramuan herbal tersebutpun ke dalam kolam ikan lele.

Akan tetapi jangan sembarangan, anda harus mematuhi dosis penggunaan. Gunakan 100 ml  ramuan herbal  dengan tambahan 1 liter air bersih untuk kolam ukuran 4 x 2 meter. Supaya hasilnya maksimal silahkan berikan ramuan herbal ini 3-4 hari sekali.

Baca Juga: 
6 Langkah Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo

Demikian cara mengobati ikan lele kembung menggunakan ramuan herbal. Supaya terjauh dari penyakit kembung, harap hindari penyebabnya karena lebih baik mencegah daripada mengobati. terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Begini Cara Mengobati Ikan Lele Kembung dengan Ramuan Herbal

0 komentar:

Posting Komentar