Ciri dan Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Ikan Lele Jantan dan Betina - Membudidayakan ikan lele kini menjadi pilihan para peternak. Mengingat ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang tak pernah sepi peminat, ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang potensial sekali.

Berternak lele memiliki beberapa tahapan-tahapan yang perlu dilakukan hingga akhirnya tibalah masa panen. Dari sekian banyak tahapan budidaya ikan lele, pembenihan adalah salah satu kunci sukses memproduksi ikan lele berkualitas tinggi yang harganya mahal.

Menyiapkan benih merupakan salah satu langkah yang perlu diperhatikan ketika membudidayakan ikan salah satunya ikan lele. Tak sedikit juga para peternak memilih untuk melakukan pembenihan ikan lele sendiri karena ingin lebih puas.
ciri dan perbedaan ikan lele jantan dan betina
ciri dan perbedaan ikan lele jantan dan betina

Ciri dan Perbedaa Ikan Lele Jantan dan Betina
Sebelum melakukan pembenihan, kita harus memilih ikan lele jantan dan ikan lele betina yang berkualitas. Tentu hal ini menjadi salah satu langkah penting ketika melakukan pembenihan ikan lele karena faktor genetik dari lele jantan dan lele betina merupakan salah satu syarat berkualitas tidaknya benih yang akan dihasilkan.

Jangan lupa juga untuk memastikan jenis kelamin ikan lele yang nantinya akan dimasukkan kedalam kolam pemijahan. Walaupun ini pengetahuan dasar, tak sedikit juga peternak yang masih awam menemukan ikan lele dengan jenis kelamin yang sama ke dalam kolam pemijahan.

Jika anda memasukkan ikan lele yang jenis kelaminnya sama di kolam pemijahan tentu tidak akan ada telur ikan lele yang dihasilkan karena tidak bisa melakukan pemijahan. Maka dari itu supaya tidak sia-sia, anda perlu memperhatikan jenis kelamin ikan lele sebelum memijahkannya.

Seperti judulnya kali ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri ikan lele jantan dan ikan lele betina secara mendetail. Harap pastikan ikan lele yang akan anda pijahkan ini memiliki beberapa ciri-ciri atau perbedaan seperti berikut ini:

1. Kepala

Perbedaan ikan lele jantan dan betina pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian kepalanya. Perlu diketahui ikan lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil serta terlihat agak gepeng dan pendek daripada lele betina.

2. Tubuh

Perbedaan atau ciri-ciri ikan lele jantan dan betina bisa dilihat dari tubuhnya. Walaupun terlihat gampang, tidak sedikit juga para peternak yang salah karena ikan lele jantan dan betina memiliki tubuh yang nyaris mirip, maka dari itu anda dituntut untuk mencermati secara detail.

Ikan lele jantan memiliki tubuh yang memanjang dengan bentuk tubuh yang lebih langsing. Sementara itu ikan lele betina memiliki tubuh yang tidak terlalu panjang dengan bentuk tubuh yang lebih membulat.

Perhatikan juga pada bagian bawah tubuh atau anusnya. Ikan lele betina memiliki 2 lubang pada bagian bawah tubuhnya yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan sebagai alat reproduksi sementara lele jantan hanya memiliki satu buah lubang dan satu buah tonjolan panjang dan runcing sebagai alat reproduksi.

3. Perut

Ikan lele betina memiliki perut yang lebih besar dibandingkan dengan ikan lele jantan. Hal ini beralasan karena ikan lele betina menyimpan banyak sekali telur pada tubuhnya, perut ikan betina bisa lebih lebar 1,5 inchi dibandingkan ikan lele jantan.
perbedaan dan ciri perut ikan lele jantan dan betina
perbedaan dan ciri perut ikan lele jantan dan betina
Selain itu perut ikan lele betina lebih lembek, berbeda dengan ikan lele jantan yang lebih kenyal. Harap untuk meraba perut ikan lele secara perlahan dan berhati-hati karena ikan lele termasuk jenis ikan yang sensitif.

Cara membedakan ikan lele jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan cara mengurutkan perutnya dari arah atas ke bawah atau hingga ekornya. Ikan lele jantan akan mengeluarkan putih kental seperti sperma, sedangkan ikan lele betina akan mengeluarkan cairan berwarna kuning.

Baca Juga:
Begini Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

4. Sirip

Perbedaan ikan lele jantan dan betina ke-empat bisa dilihat dari bagian siripnya. Ikan lele jantan memiliki sirip yang berukuran lebih panjang dibandingkan dengan sirip milik ikan lele betina. Ikan lele jantan juga memiliki bintik-bintik dibagian belakang siripnya, sedangkan ikan lele betina tidak ada.

Perbedaan sirip ikan lele dan betina juga bisa dilihat dari warnanya. Membedakan warna sirip ikan lele merupakan salah satu cara efektif untuk mengetahui jenis kelaminnya, ikan lele jantan memiliki sirip yang lebih berwarna dibandingkan dengan ikan lele betina.

5. Kulit

Cara membedakan ikan lele jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan bagian kulitnya. Lele jantan memiliki warna kulit dada yang lebih gelap, sementara itu ikan lele betina yang kulit dadanya cenderung berwarna lebih terang.

Jangan lupa juga untuk meraba bagian kulitnya. Ikan lele jantan memiliki kulit yang cukup kasar, berbanding terbalik dengan kulit ikan lele betina yang lebih halus.

Baca Juga:
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Paling Gampang

6. Kelamin

perbedaan alat kelamin jantan dan betina
perbedaan alat kelamin jantan dan betina
Perbedaan mencolok pada ikan lele jantan dan betina terletak pada bagian kelaminnya. Ikan lele jantan memiliki kelamin yang berbentuk memanjang atau runcing ke arah belakang di bawah anusnya. Sedangkan alat kelamin ikan lele betina berbentuk oval dengan lubang yang melebar.

7. Gerakan

Perbedaan terakhir bisa dilihat dari gerakannya, ikan lele jantan umumnya bergerak lebih agresif dibandingkan ikan. Lele betina yang berkesan pasif.  Perhatikan juga kegesitannya, ikan lele jantan lebih gesit dibandingkan ikan lele betina.

Baca Juga:
5 Cara Sukses Ternak Ikan Cetol dengan Mudah

Demikian ciri-ciri atau perbedaan antara ikan lele jantan dan ikan lele betina. Silahkan cermati perbedaan tersebut dengan seksama supaya proses pemijahan berjalan sebagaimana mestinya. Sekian informasi mengenai perbedaan jenis kelamin ikan lele ini. Jika kalian mempunyai komentar silahkan tulis di kolom bawah artikel.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Ciri dan Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

0 komentar:

Posting Komentar