Cara Mudah Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina untuk Indukan

Gurame Jantan dan Betina - Cara membedakan gurame jantan dan betina untuk indukan harus anda ketahui jika anda akan memulai usaha budidaya gurame. Karena membedakan gurame jantan dan betina sangat diperlukan dalam proses pemijahan. Proses membedakan ini merupakan 1 langkah dalam cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan siap jual.
cara membedakan gurame jantan dan betina untuk indukan
Sebenarnya cara membedakan gurame jantan dan betina tidaklah sulit. Hanya saja membutuhkan kejelian agar anda dapat membedakannya dengan mudah.

Berikut cara mudah membedakan gurame jantan dan betina untuk indukan :

1. Bentuk Tubuh

Cara pertama untuk membedakan gurame jantan dan betina adalah dari bentuk tubuh. Gurame jantan cenderung memiliki bentuk tubuh yang ramping. Sedangkan untuk betina cenderung bulat.

2. Gerakan

Dari gerakan juga bisa dibedakan. Namun sedikit lebih sulit jika anda membedakan gurame jantan dan betina dari gerakan. Sesuai dengan bentuk tubuh, gerakan gurame jantan lebih gesit dibandingkan dengan gurame betina. Karena betina cenderung memiliki gerakan yang lambat.

3. Kepala Dan Dahi

Cara lain untuk membedakan gurame jantan dan betina yaitu dengan melihat bagian kepala dan dahi. Gurame jantan memiliki bentuk kepala dan dahi yang sedikit lebih menonjol dibandingkan dengan gurame betina.

4. Perut

Periksa bagian perut. Bagian perut gurame jantan akan meruncing. Sedangkan gurame betina lebih bulat. Selain itu, anda dapat melihat organ reproduksinya. Jika jantan ada benjolan berbentuk lonjong yang menonjol. Sedangkan betina berbentuk oval, jika di tekan mengeluarkan cairan putih

5. Sirip Dan Sisik

Perbedaan gurame jantan dan betina juga bisa dilihat dari sirip serta sisik. Jika gurame jantan memiliki warna sirip yang kehitaman atau coklat gelap. Gurame betina memiliki warna sirip putih atau cream. Sedangkan untuk susunan sisik gurame jantan normal sepertik ikan lainnya. Untuk susunan sisik gurame betina cenderung terbuka.
Demikian adalah cara membedakan gurame jantan dan betina untuk indukan. Semoga dengan cara diatas dapat membantu teman-teman yang sedang melakukan budidaya ikan gurame. Sekian dari budidaya air dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke pembudidaya gurame lainnya. 

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Cara Mudah Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina untuk Indukan

1 komentar:

  1. Bismillah,Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...
    Kami menjual produk kapur diantaranya adalah :

    - Kapur Pertanian / Kaptan
    - Kapur Dolomite
    - Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung CaCo3 /Kalsium Karbonat /
    - Zeolite

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234
    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    BalasHapus