5 Cara Sukses Ternak Ikan Cetol dengan Mudah

Sukses Ternak Ikan Cetol - Banyak pecinta ikan hias ingin melakukan ternak ikan cetol. Ikan cetol adalah jenis ikan tawar yang berukuran kecil dengan warna coklat. Ikan cetol sering kali ditemukan di lingkungan yang kotor atau kurang higenis seperti selokan dan sungai.

Ikan cetol memiliki banyak jenis warna, selain berwarna coklat ikan cetol juga memiliki beberapa jenis diantaranya:

  1. Ikan cetol warna coklat agak transparan
  2. Ikan cetol yang jidatnya berwarna putih
  3. Ikan cetol bermata tiga
  4. Ikan cetol kepala timah

Walaupun bertubuh kecil, ikan cetol memiliki daya tahan yang kuat. Dia bisa bertahan hidup dimana saja baik itu dilingkungan berair bersih atau berair kotor sekalipun.
cara ternak ikan cetol
cara ternak ikan cetol
Ikan cetol memang tidak semahal ikan-ikan yang umumnya dibudidayakan, akan tetapi banyak juga orang yang membudidayakan ikan cetol untuk pakan ikan lain contohnya untuk pakan ikan lele. Tak hanya untuk pakan ikan, ikan cetol juga sering kali dibudidayakan untuk pakan hewan lain seperti bebek, ayam dan angsa.

Selain bisa menjadi pakan hewan, ikan cetol juga bisa dikonsumsi oleh manusia loh. Walaupun tubuhnya kecil, ikan cetol memiliki kandungan gizi yang baik. Biasanya ikan cetol diolah menjadi peyek, rasanya lezat sekali mirip dengan rasa ikan wader.
cetol warna coklat agak transparan
Lihat Juga:
Cara Budidaya Ikan Cupang, Dijamin Bisa!
Jika sobat membudidayakan ikan cupang, ikan cetol pun juga bisa dimanfaatkan sebagai lawan latihan ikan cupang laga. Wah banyak sekali ya manfaat dari ikan cetol ini?

Mengingat manfaatnya yang banyak, tidak ada salahnya jika sobat mencoba untuk membudidayakan ikan cetol. Berikut ini adalah cara ternak ikan cetol, ikan kecil yang punya sejuta manfaat ini:

5 Cara Sukses Ternak Ikan Cetol dengan Mudah

1. Siapkan Wadah

Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk ternak ikan cetol. Wadah yang digunakan bisa berupa akuarium, toples atau ember. Silahkan gunakan wadah yang sesuai dengan target ternak sobat.
wadah ternak ikan cetol
wadah ternak ikan cetol
Jika sobat ingin membudidayakan sedikit ikan cetol, sobat bisa menggunakan toples. Jika hendak membudidayakan ikan cetol skala besar, sobat bisa menggunakan wadah berukuran besar seperti ember, akuarium atau kolam.

2. Memilih Indukan yang Tepat

Supaya ternak ikan cetol berjalan dengan sempurna, anda perlu memilih indukan yang tepat. Bagaimana cara memilih indukan cetol yang tepat? Dengan cara memilih ikan cetol betina yang tengah mengandung. Ciri ikan cetol betina yang mengandung adalah badannya besar dan perutnya buncit.

Jangan lupa juga untuk mencari ikan cetol jantan supaya cetol betina bisa berkembang biak dengan baik. Ciri ikan cetol jantan adalah berukuran lebih kecil dan berwarna merah atau hijau terang.

3. Taburkan Ikan ke Media Budidaya

Setelah mencari ikan cetol jantan dan betina yang tepat, sobat perlu menaburkan ikan tersebut ke wadah tempat budidaya. Pertama-tama sobat perlu memastikan air yang digunakan bersih bebas deterjen atau kotoran. Memang ikan cetol dikenal tahan terhadap kondisi air kotor, akan tetapi hal ini akan berdampak pada proses perkembangan ikan cetol.

Kemudian silahkan taburkan ikan cetol tersebut ke media budidaya. Berbeda dengan ternak ikan lainnya, sobat tidak perlu memikirkan proses pemijahan, cukup biarkan ikan cetol melakukan proses pemijahan dengan sendirinya.

Proses perkembang biakan ikan cetol tergolong lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Jadi yang perlu sobat lakukan hanyalah menunggu ikan cetol berkembang biak, biasanya dalam itungan hari ikan cetol sudah mulai berkembang biak.

Baca Juga:
10 Langkah Ternak Ikan Gurame Menggunakan Terpal

4. Memberi Pakan

pakan ikan cetol
pakan ikan cetol
Pakan ikan cetol tidak neko-neko, ikan cetol sangat menyukai lumut. Tak hanya lumut, ikan cetol juga bisa memakan cacing, roti dan pakan lainnya yang diberikan. Supaya ikan cetol cepat tumbuh besar, makanan terbaik untuk ikan cetol adalah cacing dan roti. Waktu memberi makan ikan cetol yang tepat bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.

5. Proses Pemanenan

Setelah berusia 4-5 minggu, sudah waktunya ikan cetol untuk dipanen. Tentu ikan cetol yang kita panen adalah ikan cetol yang dewasa saja. Cara memanen ikan cetol sangatlah mudah, cukup menjaring ikan menggunakan jaring atau tangok yang berdiameter kecil.

Mudah sekali bukan? Selanjutnya sobat sudah bisa memanfaatkan ikan cetol baik untuk digunakan sebagai pakan ikan lain atau diolah menjadi makanan seperti peyek.

Itulah langkah-langkah cara ternak ikan cetol yang baik dan benar. Supaya hasil ternak cetol bisa maksimal, harap lakukan langkah-langkah diatas dengan tepat. Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa!

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 5 Cara Sukses Ternak Ikan Cetol dengan Mudah

2 komentar:

  1. Bismillah,Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...
    Kami menjual produk kapur diantaranya adalah :

    - Kapur Pertanian / Kaptan
    - Kapur Dolomite
    - Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung CaCo3 /Kalsium Karbonat /
    - Zeolite

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234
    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    BalasHapus
  2. @bopelnews
    Bopelnews Menyediakan Berita Seputar Sepak Bola Terlengkap Dan Terupdate

    Yuk baca sekarang juga berita- berita hangat seputar sepak bola dunia

    BalasHapus