7 Cara Ternak Ikan Betok Paling Gampang dan Dijamin Sukses

Cara Ternak Ikan Betok - Dengar ikan betok, penulis yakin tidak semua orang indonesia mengenal jenis ikan ini. Hal tersebut terjadi karena ikan jenis ini memiliki nama berbeda-beda. Orang jawa menyebut ikan ini ikan betik, sedangkan di kalimantan ikan ini disebut ikan papuyu.

Ikan betok beredar luas di seluruh penjuru indonesia, akan tetapi sebagian besar ikan betok banyak terdapat di pulau kalimantan. Ikan air tawar ini sering di jumpai di sungai dan juga danau.

cara ternak ikan betok dijamin sukses
cara ternak ikan betok dijamin sukses

Ciri Ikan Betok

  1. Memiliki warna sedikit coklat dan hijau pada bagian atas kulitnya
  2. Bagian sampung badannya berwarna kuning
  3. Jika dilihat dari bawah ikan ini memiliki warna gelap
  4. Terdapat sisik yang keras dan kaku pada bagian kepalanya
  5. Terdapat gigi tajam pada insang ikan betok


Saat ini ikan betok sudah sangat susah ditemukan di pasar, kalaupun ada ukurannya pasti kecil yang pastinya kurang enak untuk dikonsumsi. Hal tersebut diakibatkan oleh rusaknya habitat ikan betok karena penangkapan ikan menggunakan peledak.

Mengingat ikan ini termasuk ikan tawar, kemungkinan ikan betok bisa dibudidayakan dengan mudah. Maka dari itu banyak para peternak mencari infomasi mengenai ikan betok di internet dan akhirnya membaca artikel ini.

Kabar gembira jika anda membutuhkan informasi mengenai cara budidayakan ikan betok, karena di artikel kali ini kami akan membahas step by step budidaya ikan betok yang baik dan benar. Seperti apa langkah-langkahnya? Silahkan disimak dengan seksama.

7 Cara Ternak Ikan Betok Paling Gampang dan Dijamin Sukses

1. Mempersiapkan Kolam

Langkah pertama cara budidaya ikan betok yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan kolam terlebih dahulu. Ikan betok bisa dibudidayakan di berbagai macam kolam ikan baik itu kolam terpal, semen maupun tanah dengan syarat memiliki sirkulasi air yang baik.

Akan tetapi supaya hasil panen ikan betok maksimal, disarankan untuk membudidayakan ikan betok di kolam tanah karena pada kolam tanah terdapat pakan alami seperti plankton, cacing dan pakan alami lainnya.
persiapan kolam ternak ikan betok
persiapan kolam ternak ikan betok
Anda tidak perlu khawatir ikan ini tidak mudah sakit walaupun dibudidayakan di kolam tanah. Supaya hasilnya maksimal buatlah kolam ternak ikan betok didekat sumber air, pinggir sawah atau tepi sungai.

Setelah kolam ikan betok sudah jadi, silahkan isikan pupuk kandang. Caranya silahkan masukan pupuk kandang ke dalam karung lalu rendam karung tersebut ke kolam budidaya ikan betok selama satu minggu.

Hal tersebut akan memicu tumbuhnya plankton yang bisa menjadi pakan alami ikan betok. Plankton tersebut akan mengalami pertumbuhan lebih cepat berkat adanya pupuk kandang di kolam.

2. Pemijahan

Langkah kedua ternak ikan betok ini adalah pemijahan akan tetapi sebelum melakukan pemijahan kita perlu membedakan ikan betok jantan dan juga betina. Bagaimana caranya? Silahkan simak ciri ikan betok betina jantan dan betina berikut ini:
perbedaan ikan betok jantan dan betina
perbedaan ikan betok jantan dan betina

Ciri Ikan Betok Jantan

  1. Memiliki tubuh yang kecil
  2. Memiliki alat kelamin yang panjang
  3. Begerak sangat lincah dan gesit

Ciri Ikan Betok Betina

  1. Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar
  2. Memiliki lubang berbentuk bulan pada kelaminmya
  3. Bergerak lamban


Setelah membedakan ikan betok jantan dan betina, proses pemijahan bisa dilakukan. Cara memijahkan ikan betok tidak boleh dilakukan secara sembarangan jika anda menginginkan hasil yang maksimal.

Siap 2 ekor ikan betok betina, kemudian anda bisa menyuntikkan dengan ovaprim (ovaprim adalah sebuah perangsang ovulasi ikan). Waktu yang tepat untuk menyuntikan adalah pada sore hari dengan dosis 0,5 ml/kilogram.

Kemudian silahkan masukan 2 ekor ikan betok betina yang sudah disuntik tadi kedalam akuarium atau bak, masukkan juga 8 ekor ikan betok jantan kedalam akuarium / bak yang akan digunakan untu proses pemijahan.

Umumnya pemijahan ikan betok jantan dan ikan betok betina terjadi pada malam hari. Pada pagi harinya telur-telur hasil pemijahan tersebut akan menempel pada dinding akuarium. Silahkan pindahkan indukan ke kolam dan biarkan telur-telur tersebut tetap di aquarium hingga menetas, umumnya telur akan menetas dalam waktu 20 - 24 jam.

3. Pemeliharaan Larva

Setelah menetas akan muncul larva hasil penetasan telur. Silahkan pelihara larva paling tidak selama 3 hari atau sampai larva kuat berenang. Supaya cepat siap pijah, larva perlu perawatan dengan cara memberikan pakan.
pemeliharaan larva ikan betok
pemeliharaan larva ikan betok
Memberikan pakan pun tidak boleh sembarangan, pilih pakan yang cocok untuk larva tersebut. Contoh pakan yang tepat adalah naupuli artemia yang merupakan pakan alami ikan.

Lihat Juga:
Cara Budidaya Ikan Silver Dollar, Dijamin Berhasil!

4. Penebaran Bibit Ikan

Cara menebarkan bibit ikan betok sama seperti proses penebaran ikan air tawar pada umumnya. Silahkan untuk memilih bibit yang sudah berumur supaya bisa beradaptasi dengan cepat dengan air kolam.
penebaran bibit ikan betok
penebaran bibit ikan betok
Sebelum menebarkan benih ikan betok ke kolam, anda perlu memasikan air bersirkulasi dengan lancar. Jangan lupa juga untuk menjaga kedalaman air. Jika kolam yang anda buat berada di paparan sinar matahari silahkan buat naungan.

5 Memberi Pakan

Pakan yang cocok untuk benih ikan betok adalah pakan berupa pellet, pemberian pakan pada benih ikan betok boleh dilakukan ketika benih sudah berumur 14 hari. Silahkan beri pakan 3 hari sekali hingga benih ikan betok berumur 2 bulan.
poc nasa
poc nasa
Jangan lupa untuk memilih pakan dengan baik. Supaya ikan betok bisa tumbuh dengan baik pakan perlu dicampur dengan nutrisi seperti POC NASA dan viterna, jangan lupa juga untuk mencapur bahan pakan tersebut dengan air secukupnya.

Selain bisa membuat pertumbuhan makin maksimal, pakan dengan nutrisi juga bisa membuat ikan betok tahan dari penyakit karena mengandung proteion dan vitamin yang mencukupi.

6. Proses Pembesaran

Langkah ke-enam budidaya ikan betok adalah proses pembesaran. Pada tahap ini anda perlu memperhatikan pemberian pakan yang baik dan benar. Jangan lupa untuk memberi pakan pada waktu yang tepat.

Aturan pemberian pakan ikan betik mirip sekali dengan ikan nila. Umumnya pemberian pakan dilakukan 2-3 kali sehari. Jika kolam ternak ikan betok anda dekat dari rumah, anda bisa memberi pakan 3 kali sehari pada pukul 9.00, 14.00 da 20.00.

Namun jika kolam ternak ikan betok lokasinya jauh dari rumah pemberian pakan hanya boleh dilakukan 2 hari sekali pada pukul 9.00 dan 16.00. Harap hindari pemberian pakan pada pagi hari sebab nafsu makan ikan betok sangat tinggi.

Selain memberikan pakan yang sudah kami bahas sebelumnya. Anda juga boleh memberikan pakan ikan betok alternatif seperti nasi sisa, bekatul, ampas kelapa, sisia sayur dan ampas tahu.

Lihat Juga:
Cara Budidaya Udang Vaname dari Awal Hingga Panen

7. Pemanenan

Setelah berusia 4 bulan, ikan betok sudah bisa dibulan. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan yaitu panen total dan panen selektif.  Tergantung tujuan pemanenan tersebut apakah ikan tersebut akan di konsumsi atau digunakan untuk produksi.
proses pemanenan ikan betok
proses pemanenan ikan betok
Anda tidak perlu khawatir jika hendak memanen sebagian ikan betok, karena ikan betokt tidak akan akan mengelami stress. Jadi anda tidak akan mengalami kerugian karena ikan betok mati akibat stress.


Demikian cara atau langkah-langkah cara ternak ikan betok yang baik dan benar. Jika dilakukan secara benar, tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami kesuksesan karena ikan ini mulai langka dan menjadi buruan pecinta kuliner seafood. Akhir kata terimakasih sudah membaca, sampai jumpa.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 7 Cara Ternak Ikan Betok Paling Gampang dan Dijamin Sukses

1 komentar:

  1. nice to read, but it's better if you also want to play at our house here Prediksi Syair Togel

    BalasHapus