4 Cara Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

Kawinkan Ikan Lele - Ikan lele adalah ikan konsumsi yang sering sekali dijadikan bahan utama makanan. Karena permintaan pasar yang sangat besar, tak sedikit juga para peternak memilih untuk membudidayakan ikan lele karena tidak begitu susah perawatannya.

Dalam membudidayakan ikan lele kita harus melakukan langkah-langkah dengan cermat supaya hasil panen ikan lele bisa memuaskan. Salah satunya adalah proses pemijahan atau mengawinkan ikan lele jantan dan juga betina.

Mengawinkan ikan lele jantan dan betina adalah salah satu tahapan penting dalam membudidayakan ikan lele. Tahap ini akan menentukan bagus tidaknya ikan lele hasil ternak, semakin bagus kualitasnya semakin besar juga pendapat yang akan dihasilkan.
 
cara mengkawinkan ikan lele
cara mengkawinkan ikan lele
Mengawinkan ikan lele jantan dan betina tidak boleh dilakukan sembarangan, walaupun terlihat sepele, ada juga beberapa tips dan trik supaya indukan lele betina bisa memproduksi telur berkualitas bagus yang banyak.

Seperti judulnya, artikel ini akan membahas mengenai cara mengawinkan ikan lele jantan dan betina. Tak tanggung-tanggung kami akan membagikan 4 cara memijahkan ikan lele jantan dan betina yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Seperti apa kira-kira? Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutan dari 4 cara mengawinkan atau memijahkan ikan lele jantan dan betina yang baik dan benar seperti berikut ini, harap disimak dengan seksama supaya bisa dipahami dengan mendetail:

4 Cara Tepat Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

1. Pemijahan secara Alami

 Teknik memijahkan atau mengawinkan ikan lele jantan dan betina yang bisa anda lakukan adalah pemijahan secara alami. Berhubung secara alami anda tidak perlu banyak peralatan untuk mengawinkan ikan lele jantan dan betina secara alami ini.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mempersiapkan kolam dengan ukuran 1 x 2 meter atau 3 x 2 meter dengan kedalaman 1 meter yang nantinya akan digunakan saat pemijahan. Jangan lupa untuk mengisi air yang bersih dan jernih dengan ketinggian sekitar 30-40 cm.
pemijahan ikan lele secara alami
Masukan indukan lele jantan dan betina ke kolam pemijahan ketika sore hari. Umumnya indukan lele akan melakukan pemijahan sekitar pukul 23.00 hingga pukul 05.00. Saat pemijahan silahkan tutup kolam menggunakan jaring supaya indukan lele tidak loncat.

Keesokan harinya akan muncul telur-telur hasil pemijahan tersebut, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memindahkan indukan ke kolam lain dan membiarkan telur tetap di kolam pemijahan hingga menetas.

Umumnya telur ikan lele hasil pemijahan akan menetas 24 jam setelah ditelurkan. Pada awal kemunculannya biasanya berbentuk larva, ketika larva berusia 3-4 hari barulah anda bisa memberikan pakan.

2. Pemijahan Lele dengan Menyuntik Hipofisa

Selain mengawinkan dengan cara alami, anda juga bisa mengawinkan ikan lele jantan dan betina dengan cara suntik hipofisa. Cara memijahkan ikan lele dengan teknik ini memiliki kesamaan dengan cara alami baik itu saat memilih indukan, mempersiapkan kolam serta penanganannya.

Sebelum mengawinkan ikan lele jantan dan betina dengan suntik hipofisa, anda perlu memilih indukan yang nantinya akan dijadikan donor memiliki bobot dan ukuran yang sama. Hal ini bertujuan supaya anda bisa memberikan dosis yang tepat untuk lele yang akan dipijahkan.
pemijahan ikan lele dengan hipofisa
pemijahan ikan lele dengan hipofisa
Nantinya kelenjar Hipofisa dari ikan lele donor akan disuntikkan ke induk jantan dan induk betin yang akan dipijahkan. Perlu diketahui fungsi menyuntikan hipofisa adalah untuk merangsang pertumbuhan dan pematangan sel telur supaya hasil telur yang diperoleh akan maksimal.

Bagaimana Cara Mendapatkan Hipofisa?
  1. Silahkan potong pangkal kepala ikan lele yang dijadikan donor menggunakan pisau.
  2. Arahkan mulut ikan lele donor ke atas lalu buka mulut ikan donor dan belah bukaan mulut dengan pisau.
  3. Setelah kepala ikan lele donor akan terbelah menjadi bagian atas dan bawah, silahkan ambil bagian atas dan bersihkan dari sisa-sisa darah.
  4. Kemudian akan terlihat kelenjar hipofisa tersebut berbentuk butiran berwarna putih, buang tulang penutupnya lalu angkat kelenjar ikan Hipofisa tersebut menggunakan penjepit.
  5. Silahkan encerkan kelenjar Hipofisa tersebut menggunakan air aquadestilata sebanyak 2 ml.
  6. Setelah encer, masukan ke dalam tabung dan diamkan diamkan selama 5 menit.
  7. Kemudian setelah 5 menit berselang,  cairan akan memisah, bagian bawah berupa endapan dan lapisan cairan atas berwarna jernih.
  8. Silahkan ambil cairan atas yang berwarna jernih menggunakan jarum suntik.
  9. Kemudian silahkan suntikan cairan tersebut ke bagian punggung indukan ikan lele.
  10. Masukan indukan lele yang sudah disuntik ke dalam kolam pemijahan.

Baca Juga:
Begini Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

3. Memijahkan Ikan Lele dengan Menyuntikkan Hormon

Jika anda sedang mencari cara memijahkan ikan lele yang paling mudah untuk dilakukan, cara memijahkan ikan lele dengan menyuntikkan Hormon bisa menjadi pilihan karena anda tidak perlu repot-repot memilih indukan yang akan dijadikan donor.
 
pemijahan ikan lele dengan hormon ovaprim
pemijahan ikan lele dengan hormon ovaprim
Yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan indukan lele yang sudah matang gonad dan juga hormon suntikan bisa menggunakan Ovaprim dan Chorulon. Suntikan tersebut akan merangsang hormon pertumbuhan dan pematangan sel telur.

Selanjutnya anda tinggal Menyuntikkan hormon tersebut ke indukan lele jantan dan betina. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis 0,3-0,5 ml per kg bobot induk. Sama halnya dengan menyuntikkan hipotesa, anda harus menyuntikan hormon tersebut ke bagian punggung indukan.

Lihat Juga:
Ciri dan Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina 

4. Pemijahan Ikan Lele In Vitro

Yang terakhir adalah pemijahan ikan lele in Vitro, cara ini adalah proses pemijahan yang pembuahannya dilakukan oleh manusia dalam sebuah tabung atau wadah. Berhubung dilakukan oleh manusia, cara ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi.

Pertama-tama anda harus membunuh ikan lele jantan, lalu ambil silahkan ambil spermanya. Setelah itu silahkan suntik indukan lele betina menggunakan Hipofisa atau hormon, lalu urut perutnya supaya sel telur dari indukan betina keluar.
pemijahan ikan lele dengan cara in vitro
pemijahan ikan lele dengan cara in vitro
Selain itu masih ada lagi beberapa tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat memijahkan ikan lele dengan cara ini virto, silahkan disimak kelanjutannya berikut ini:
  1. Silahkan ambil ikan lele jantan lalu belah perutnya dan ambil kantong sperma yang berwarna putih dengan bentuk pipih yang panjang.
  2. Siapkan indukan lele betina, sebelumnya anda harus arah menyuntikan Hipofisa atau suntikan hormon lainnya 8 jam sebelumnya lalu urut hingga keluar sel telurnya.
  3. Campurkan sel telur dan sel sperma ke dalam wadah, lalu aduk menggunakan bulu ayam.
  4. Masukan sel telur dan sel sperma ke dalam kolam pemijahan dengan menggunakan bulu ayam.
  5. Lakukan pengayaan oksigen pada kolam penetasan menggunakan aerotor. Jangan terlalu kencang karena bisa menggoncang telur.
  6.  Setelah itu jaga kondisi kolam hingga telur menetaskan.


Demikian 4 cara memijahkan atau mengawinkanikan lele jantan dan betina. Lakukan langkah-langkah tersebut secara baik dan benar supaya ikan lele yang dikawinkan bisa memproduksi telur berkualitas. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga beberapa artikel mengenai ternak ikan lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 4 Cara Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

0 komentar:

Posting Komentar