Cara Mengobati Ikan Lele Jamuran Dijamin Berhasil

Mengobati Lele Jamuran - Tak jauh dari topik artikel sebelumnya, pada artikel kali ini kami akan membahas tuntas mengenai cara mengatasi penyakit jamuran pada ikan lele. Walaupun terlihat tidak parah, penyakit jamuran merupakan salah satu faktor gagalnya budidaya ikan lele.

Ngomong-ngomong tentang ikan lele, saya rasa seluruh orang Indonesia kenal betul dengan jenis ikan tawar ini. Di Indonesia, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dijadikan bahan olahan kuliner dengan minat masyarakat yang sangat besar.

Ada beberapa contoh olahan makanan yang berbahan ikan lele seperti abon ikan lele, lalapan ikan lele, pecel lele dan lele crispy. Karena memiliki prospek yang sangat bagus, tak heran tak sedikit juga para peternak ikan memilih untuk terjun ke bisnis ternak ikan lele.
cara mengobati ikan lele jamuran
cara mengobati ikan lele jamuran
Cara Mengobati Ikan Lele Jamuran Dijamin Berhasil

Akan tetapi ternak lele tak semudah yang kita bayangkan. Ada juga beberapa pengganggu yang bisa mengancam budidaya ikan lele seperti hama dan penyakit-penyakit yang jika dibiarkan akan berdampak negatif bahkan bisa menyebabkan kerugian ketika membudidayakan ikan lele.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada ikan lele adalah jamuran.  Percaya atau tidak, jamuran sering kali terjadi pada perternak yang masih baru saja memulai untuk membudidayakan ikan lele karena kelalaian.

Penyebab Ikan Lele Jamuran

penyebab ikan lele jamuran
penyebab ikan lele jamuran
Jamur yang sering menyerang ikan lele adalah Jamur Saprolegnia SP, jamuran pada lele biasanya diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang buruk, manutrisi atau akibat agen penginfeksi primer lain seperti parasit, bakteri dan virus. Selain itu masih ada beberapa penyebab lain yang masih mengakibatkan ikan lele jamuran diantaranya:
  1. Kadar oksigen dalam air kolam ikan lele terlaru rendah.
  2. Ikan Lele kekurangan Gizi
  3. Kandungan bahan organik dalam air kolam ikan lele terlalu tinggi
  4. Kepadatan lele yang terlalu tinggi.
  5. Kualitas air kolam yang buruk.


Ciri-Ciri Ikan Lele Jamuran

ciri ikan lele jamuran
ciri ikan lele jamuran.
Biasanya ikan lele yang mengalami jamuran memiliki beberapa ciri-ciri, jika ciri-ciri ikan lele jamuran sudah nampak, maka anda perlu segera melakukan pengobatan, berikut ini adalah ciri ikan lele mengalami jamuran:
  1. Tubuh ikan lele ditumbuhi benang halus seperti kapas, biasanya pada bagian yang luka baik itu di bagian kepala, ekor, sirip maupun insang.
  2. Umumnya ikan lele yang jamuran akan kehilangan keseimbangan, jadi akan terlihat mengambang.
  3. Tak hanya kehilangan keseimbangan, ikan lele akan menjadi lemas, jadi pergerakannya tidak secepat lele normal.
  4. Terdapat bintik-bintik putih pada hampir seluruh bagian tubuhnya.

Lihat Juga:
Ciri dan Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Lalu bagaimana cara mengatasi ikan lele yang jamuran?

Mengatasi ikan lele jamuran tidak sesulit yang anda bayangkan, anda bisa menggunakan zat kimia khusus yang bisa didapatkan dengan mudah di toko pertanian, bahkan anda bisa mengobati ikan lele jamuran menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur.
cara mengatasi ikan lele jamuran
cara mengatasi ikan lele jamuran
Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara menyembuhkan ikan lele jamuran, artikel ini akan membantu anda dengan penjelasan cara mengatasi lele jamuran sedetail-detailnya seperti berikut ini, silahkan disimak dengan seksama:

1. Menggunakan Bumbu Dapur

Cara mengatasi ikan lele jamuran pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bumbu dapur. Berhubung menggunakan bahan alami, anda tidak lagi khawatir ikan lele anda mengandung banyak zat kimia.
daun sirih salah satu bahan mengobati ikan lele jamuran
Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang murah dibandingkan dengan membeli obat kimia, berikut ini adalah cara mengatasi ikan lele jamuran menggunakan bumbu dapur:

1.1. Bahan

  • 10 lembar daun sirih
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 kunir
  • 10 lembar daun pepaya/jambu biji

1.2. Cara Pemakaian

  • Haluskan semua bahan tersebut, kami sarankan untuk menggunakan blender supaya hasilnya maksimal.
  • Silahkan rebus bahan yang sudah dihaluskan tadi dengan air 2 liter.
  • Siramkan cairan tersebut dengan disain 1 gelas / hari ke dalam kolam lele sampai ikan benar-benar sembuh.

Lihat Juga:
Begini Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

2. Menggunakan Menggunakan Kalium Permanganat (PK)

Cara mengatasi ikan lele jamuran kedua yang bisa anda lakukan adalah menggunakan kalium permanganat. Seperti yang diketahui kalium permanganat merupakan oksidator yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ikan terutama yang disebabkan oleh ektoparasit dan jamuran.

Maka dari itu kami menyarankan anda untuk menggunakan permanganat mengatasi masalah jamuran pada ikan lele karena keampuhannya sudah tidak diragukan lagi, selain itu kalium permanganat bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 25.000 per 100 gram nya.
cara mengobati ikan lele dengan kalium permanganat (PK)
cara mengobati ikan lele dengan kalium permanganat (PK)
Cara menggunakan kalium permanganat untuk mengobati lele jamuran sangat mudah. Anda hanya perlu melarutkan kalium permanganat  ke dalam ember yang diisi air kurang lebih 10 liter air. Supaya bisa larut secara merata, silahkan diaduk.

Kemudian silahkan ambil ikan lele yang jamuran dan masukan ikan lele tersebut ke dalam ember yang berisi kalium permanganat selama 30 menit. Namun jika ikan yang terinfeksi jamur banyak sekali, anda bisa menuangkan air yang mengandung kalium permanganat tersebut ke dalam kolam secara merata.

Baca Juga:
6 Cara Sukses Budidaya Segala Jenis Ikan Arwana

3. Menggunakan Garam

Seperti diketahui garam merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit pada ikan, salah satunya untuk mengatasi penyakit jamuran pada ikan lele. Garam memiliki sifat kasar yang sangat kuat untuk membunuh jamur pada ikan lele.

Cara menggunakan garam untuk mengobati lele jamuran sangat mudah. Silahkan larutkan 3 sendok makan garam ke 10 liter air, supaya hasilnya maksimal anda bisa menambahkan cuka.
cara mengobati ikan lele dengan garam
cara mengobati ikan lele dengan garam
Setelah itu pilih ikan lele jamuran lalu masukan ke dalam ember yang berisi garam dan cuka yang sudah dilarutkan. Rendam ikan lele jamuran tersebut selama 15 menit, angkat lalu pisahkan supaya penyakit jamuran tidak menular.

Apabila ikan lele yang terjangkit jamuran berjumlah banyak, anda bisa menebarkan garam dengan dosis 3 sendok makan per meter persegi. Lebih bagus lagi jika anda memisahkan ikan lele jamuran dan ikan lele sehat supaya tidak menular.

Cara mengatasi ikan lele jamuran ini sudah terbukti sangat manjur. Selain bisa dilakukan pada ikan lele, solusi ikan lele jamuran ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi jamuran pada ikan lainnya seperti ikan mas, mujair dan juga ikan air tawar lainnya.


Demikian 3 cara mengobati ikan lele jamuran yang paling ampuh dan mudah untuk dilakukan. Supaya hasilnya maksimal, harap lakukan sesuai dengan panduan yang kabin jabarkan. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga beberapa artikel mengenai ternak ikan lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Cara Mengobati Ikan Lele Jamuran Dijamin Berhasil

2 komentar:

  1. Kalau kolam ditaburi garam, apakah nanti air perlu diganti lg?

    BalasHapus
  2. Kalau kolam ditabur garam, apakah nanti airnya perlu diganti lg? Kalau iya setelah brp hari ya?

    BalasHapus