6 Langkah Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo

Budidaya Lele Dumbo - Majunya bisnis kuliner membuat para pebisnis banyak yang berminat untuk menggeluti nya. Kebanyakan bisnis kuliner menyertakan ikan sebagai bahan utamanya, dari sekian banyak ikan, ikan lele adalah salah satu pilihan utama, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya warung makan dan restoran yang mengandaikan menu lalapan berbahan ikan lele seperti lalapan lele dan pecel lele.

Ikan lele memiliki banyak sekali jenis, ada ikan lele lokal, ikan lele Sangkuriang, ikan lele phyton, ikan lele mutiara serta ikan lele Dumbo. Dari sekian banyak jenis, ikan lele Dumbo merupakan salah satu jenis ikan lele yang banyak sekali penggemarnya.
langkah sukses budidaya ikan lele dumbo
langkah sukses budidaya ikan lele dumbo
Ikan lele Dumbo adalah jenis ikan lele yang banyak ditemui di Indonesia. Ikan lele yang berasal dari Afrika ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ikan lele lokal, tak heran ikan lele Dumbo banyak diminati masyarakat berbanding lurus dengan para peternak yang membudidayakan ikan lele Dumbo.

Ikan ini memiliki daging yang sangat lembut, namun daging ikan ini mudah hancur saat di goreng. Walaupun demikian, ikan ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang lezat. Apalagi ikan lele Dumbo memiliki patil yang kecil dan tidak tajam.

Klasifikasi Ilmiah Lele Dumbo

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo: Siluriformes
  • Famili : Clariidae
  • Genus : Clarias
  • Spesies : Clarias gariepinus

Ikan lele Dumbo menyukai air tawar yang tenang, di Indonesia ikan Dumbo banyak disilangkan dengan indukan ikan lele jenis lainnya. Tak heran ikan lele Dumbo yang diternakkan di Indonesia memiliki ukuran yang lebih besar dengan daging yang enak.

Selain memiliki keunggulan pada ukuran yang lebih besar dan daging yang enak, ikan lele Dumbo memiliki kelebihan pertumbuhannya yang 4 kali lebih cepat dibandingkan ikan lele biasa. Alasan ini juga yang banyak memotivasi para peternak untuk membudidayakan ikan lele Dumbo.

Kabar baik jika anda ingin membudidayakan ikan lele Dumbo karena kami akan membagikan ilmu atau panduan membudidayakan ikan lele Dumbo lengkap mulai pembuatan kolam hingga proses pemanenan. Lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutannya berikut ini:


Langkah Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo

1. Membuat Kolam

Untuk membudidayakan ikan lele Dumbo, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kolam yang nantinya akan digunakan untuk tempat ternak ikan lele Dumbo. Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam tembok dan kolam terpal, silahkan pilih sesuai dengan dana yang anda miliki.
budidaya ikan lele dumbo dengan kolam terpal
budidaya ikan lele dumbo dengan kolam terpal
Jika anda berniat untuk serius dalam membudidayakan ikan lele Dumbo, anda bisa menggunakan kolam tembok atau tanah, tentu biaya pembuatannya tidak sedikit. Namun jika anda baru saja ingin memulai membudidayakan ikan lele Dumbo, anda bisa menggunakan kolam terpal.
Berapa ukuran kolam yang baik?
Untuk kolam tanah atau tembok, anda bisa membuatnya dengan ukuran 7 meter dengan kedalaman 1 meter. Namun jika anda harus saja ingin menggeluti bisnis ternak ikan lele Dumbo, anda bisa menggunakan kolam terpal dengan ukuran 2 meter x 1 meter x 0 ,6 meter, kolam terpal tersebut bisa menampung ikan lele Dumbo sebanyak 100 ekor.
budidaya ikan lele dumbo dengan kolam tembok
budidaya ikan lele dumbo dengan kolam tembok
Setelah anda membuat kolam tembok atau tanah, langkah yang harus anda lakukan adalah membiarkan kolam tersebut tanpa air selama 3 hari. 1 hari kemudian anda bisa menaburkan taburkan kapur sebanyak 100 gram/meter persegi, pupuk kandang sebanyak 700 gr /meter persegi.

Biarkan kolam 3 hari, kemudian barulah anda boleh mengisikan air ke kolam dan biarkan supaya muncul pakan alami yang nantinya akan sangat bagus untuk perkembangan benih ikan lele Dumbo.

2. Memilih Benih

Selanjutnya anda bisa memulai untuk memilih benih ikan lele Dumbo. Anda harus benar-benar memilih benih lele Dumbo yang bagus supaya hasilnya tidak mengecewakan. Pilihlah benih ikan lele Dumbo yang memiliki ukuran badan seimbang antara kepala dan badan.
memilih benih ikan lele dumbo
memilih benih ikan lele dumbo
Tak hanya memiliki ukuran badan yang seimbang, anda juga perlu memperhatikan kesehatan benih. Ciri benih ikan lele Dumbo yang sehat adalah memiliki pergerakan yang cepat dan badannya berwarna cerah

Baca Juga:
Cara Mengobati Ikan Lele Jamuran Dijamin Berhasil

3. Menebarkan Benih

Langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah menebar benih, sebelum menebarkan benih anda harus menyediakan ember atau bak, lalu isi ember tersebut dengan air yang di ambil dari kolam yang sudah anda isi airnya.
cara menebar benih ikan lele dumbo
cara menebar benih ikan lele dumbo
Masukan beberapa benih lele Dumbo ke dalam bak tersebut beberapa menit supaya benih lele bisa beradaptasi dengan air dalam kolam pembesaran. Hal ini peringatan sekali untuk mencegah ikan stress karena tidak beradaptasi dengan air kolam.

Kemudian masukan benih tersebut ke dalam kolam pembesaran, lakukan cara ini berulang-ulang sampai semua benih ikan lele yang anda ternakan sudah berada di kolam pembesaran.

4. Memberikan Pakan

Ada banyak sekali pilihan pakan untuk ikan lele dumbo, contohnya pelet. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan berupa cacing, keong mas dan juga pakan lainnya. Harap gunakan pakan yang sesuai, karena jika tidak, ikan lele akan susah berkembang.
cacing sutra untuk pakan ikan lele dumbo
cacing sutra untuk pakan ikan lele dumbo
Anda bisa memberikan pakan pada ikan lele dumbo 5-6 kali sehari dengan jarak pemberian pakan antara 2-3 jam. Berilah pakan yang cukup tidak boleh kurang dan lebih karena jika lebih, pakan sisa akan mengundang penyakit yang bisa mengancam ikan lele dumbo.

Sangat disarankan untuk jangan memberikan pakan ketika cuaca sedang hujan karena pada saat itu ada banyak sekali zat asam yang sangat tidak bagus untuk perkembangan ikan lele dumbo. Maka dari itu saran kami, tunggulah hujan reda baru beri pakan.

Baca Juga:
4 Cara Mengawinkan Ikan Lele Jantan dan Betina

5. Mengelola Air kolam

Perawatan ikan lele Dumbo, bukan sekedar memberikan pakan. Anda juga harus mengelola air kolam dengan baik. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah penambahan air, lakukan penambahan air secara berkala. Jangan sering-sering menguras kolam karena dapat membuat pH air tidak stabil.

6. Pemanenan

cara panen ikan lele dumbo
cara panen ikan lele dumbo
Ikan lele Dumbo bisa dipanen ketika berusia 2 bulan hingga 3 bulan. Cara memanen ikan Dumbo yang benar bisa dilakukan dengan cara menyusutkan air kolam terlebih dahulu, gunakan serokan atau jaring untuk mengambil ikan lele Dumbo, lakukan dengan halus supaya tubuhnya tidak lecet.

Demikian langkah-langkah budidaya ikan lele dumbo yang kami bahas kali ini. Silahkan lakukan langkah-langkah dengan baik dan benar, supaya perkembangan ikan lele Dumbo bisa maksimal. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 6 Langkah Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo

0 komentar:

Posting Komentar