Cara Budidaya Ikan Oscar, Mulai dari Pemijahan Hingga Masa Panen

Budidaya Ikan Oscar - Ikan oscar adalah salah satu jenis ikan hias yang mulai langka keberadaannya. Tak heran ikan oscar memiliki banderol yang sangat mahal, maka dari itu banyak peternak minat untuk menternakkan ikan oscar dan mencari-cari informasi mengenai cara budidaya ikan oscar seperti artikel ini.
cara budidaya ikan oscar hingga panen
cara budidaya ikan oscar hingga panen
Ikan oscar termasuk ikan hias yang berasal dari sungai Amazon, tak heran ikan ini memiliki sifat agresif layaknya ikan piranha. Ikan oscar termasuk ikan hias yang memiliki usia lama, umumnya usia ikan oscar berkisar antara 10 hingga 12 tahun.

Klasifikasi Ilmiah Ikan oscar

  • Ordo: Percomorphoidei
  • Sub - Ordo: Percoidea
  • Famili: cichlidae
  • Sub - Famili: Astronotus
  • Spesies: Astronotus ocellatus

Ikan oscar memiliki tubuh yang sangat mirip dengan ikan nila, sekujur tubuhnya memiliki warna yang bervariasi. Kebanyakan ikan oscar memiliki kulit berwarna hijau zaitun gelap atau coklat tua, terdapat juga coretan dan bintik-bintik di bagian sisi yang berasal dari sisik yang berwarna kuning keemasan atau kemerah-merahan.
budidaya ikan oscar
budidaya ikan oscar
Ikan yang bernama latin America ocellatus ini bisa berkembang hingga 35 cm dengan berat 1,5 kilogram. Maka dari itu anda harus memiliki akuarium berukuran besar untuk membudidayakan ikan ini karena akan memakan banyak ruang.

Sama halnya ikan lainnya, ikan oscar memiliki jenis-jenis atau varietas. Hal ini terjadi karena ikan ini bisa disilangkan, dari sekian banyak jenis ada 3 jenis ikan oscar yang memiliki potensi bagus untuk dibudidayakan seperti:
  1. Ikan oscar Tiger: umumnya ikan ini memiliki tubuh berwarna merah, oranye dengan dasar abu-abu atau coklat.
  2. Ikan oscar Red: ikan oscar yang satu ini memiliki tubuh berwarna merah agak jingga.
  3. Ikan oscar Albino: Berbeda dengan ikan oscar lainnya, ikan ini memiliki tubuj berwarna putih yang cerah dengan kombinasi warna kuning atau merah.

Selain mempersiapkan akuarium masih ada tahapan-tahapan budidaya ikan oscar lainnya yang harus anda lakukan. Lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutannya seperti yang ini, harap disimak dengan seksama supaya menghasilkan dengan maksimal:

Cara Budidaya Ikan Oscar untuk Pemula

1. Mempersiapkan Akuarium

Untuk membudidayakan ikan oscar, tentu anda harus menyiapkan wadah sebagai tempat budidaya. Berhubung ikan oscar termasuk ikan hias, maka anda harus menyiapkan akuarium sebagai tempat budidaya, silahkan sesuaikan ukuran dengan banyaknya ikan yang ingin anda budidayakan.
mempersiapkan akuarium ikan oscar
mempersiapkan akuarium ikan oscar

Setelah Akuarium siap, anda bisa membersihkan kaca Akuarium terlebih dahulu menggunakan lap yang dibasahi dengan alkohol, hal ini dilakukan supaya bakteri dalam kaca Akuarium bisa mati, setelah itu silahkan bersihkan dari bekas alkohol.

Mulailah mengisi air pada akuarium tersebut. Lalu silahkan untuk membiarkan kolam tersebut beberapa hari, sembari menunggu benih siap untuk ditebarkan ke dalam akuarium tempat budidaya ikan oscar tersebut.

2. Memilih Indukan

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan indukan ikan oscar yang akan di pijahkan. Sebelum memilih alangkah baiknya jika anda mengetahui ciri-ciri ikan oscar jantan dan betina seperti berikut ini

2.1 Ciri-Ciri Indukan

Cara membedakan ikan oscar jantan dan betina sangatlah mudah, Indukan ikan oscar jantan memiliki tubuh lebih panjang atau lebar dan alat kelaminnya agak menonjol keluar dibanding induk betina. Sedangkan ikan oscar betina memiliki kelamin yang lebih besar dan apabila telah matang gonad perutnya akan gendut.
indukan ikan oscar
indukan ikan oscar
Pilihlah indukan jantan dan betina yang berukuran 15 cm dengan usia sekitar 1,5 tahunan. Nantinya di dalam wadah pemijahan harus ada minimal 5 ikan oscar jantan dan 5 ikan oscar betina, biarkan ikan oscar memilih pasangannya sendiri.

3. Pemijahan

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah memijahkan indukan ikan oscar jantan dan betina yang sudah terpilih. Anda bisa menggunakan Akuarium atau bak yang terbuat dari semen dengan ukuran 1,5 x 1 x 0,5 m3. Isi air pada wadah pemijahan dengan ketinggian air sekitar 30-40 centimeter.
pemijahan ikan oscar
pemijahan ikan oscar
Kemudian masukan sepasang indukan ikan oscar ke dalam wajah tersebut. Biasanya pemijahan akan dilakukan pada pagi dan sore hari, pada keesokan harinya indukan ikan oscar betina mengeluarkan telur-telur hasil pemijahan.

Sediakan juga Akuarium khusus untuk penetasan, ukuran akuarium penetasan yang baik harus berukuran 70 cm x 40 cm x 40 cm3, lalu isi air pada akuarium tersebut dengan ketinggian 10 cm. Umumnya telur akan menetas 3 hari setelah indukan menelurkannya.

4. Pembesaran

Ketika ikan oscar sudah berusia 4 hari, sudah waktunya untuk diberi pakan. Pakan terbaik untuk ikan oscar kecil adalah kuning telur. Setelah berumur 5 hari benih dapat diberi pakan berupa rotifera. 5 hari berselang atau tepatnya 10 hari anda bisa memberikan pakan berupa kutu air yang disaring terlebih dahulu.

Tepat ketika ikan oscar berusia 20 hari, anda sudah bisa memberikan pakan berupa cacing rambut dan kutu air tanpa disaring. Lalu sudah waktunya Anda untuk memindahkan ikan oscar ke Akuarium tempat proses pembesaran yang sudah anda buat.
pembesaran ikan oscar
Dengan Akuarium yang ukurannya seperti yang kami rekomendasikan yaitu 2 x 1 x1 m3, anda bisa memasukkan ikan oscar sebanyak 300 ekor. Supaya ikan oscar bisa berkembang dengan maksimal, anda bisa menambahkan enceng gondok atau Hidrilla verticilata.

1 bulan kemudian, anda harus mengurangi jumlah ikan dalam akuarium yang awalnya 300 ekor menjadi 200 ekor saja. Hingga masa panen tiba, anda harus memberikan pakan berupa cacing rambut. Setelah ikan berusia 5-6 bulan anda bisa memberikan pakan udang rebon yang masih hidup.

Intinya dalam membudidayakan ikan oscar perlu ketelatenan dan juga ketelitian yang tinggi, terutama pada pemberian pakan. Maka dari itu berikanlah pakan yang sesuai dengan anjuran pada artikel kali ini.

Baca Juga:
Langkah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok

5. Pemanenan

Tidak ada aturan mengenai kapan ikan oscar bisa dipanen. Untuk urusan pemanenan, bisa disesuaikan dengan keinginan pasar yang umumnya ditentukan dari usia dan juga ukuran.


Itulah cara budidaya ikan oscar mulai dari pemijahan hingga masa panen. Perhatikan selalu ikan ketika dibudidayakan supaya ikan oscar bisa berkembang dengan baik hingga mendulang keuntungan yang besar. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel menarik lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Cara Budidaya Ikan Oscar, Mulai dari Pemijahan Hingga Masa Panen

1 komentar: