10 Kiat Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

Sebagian besar semua pembaca artikel ini pasti mengenal ikan gurame. Ikan gurame memang dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki citarasa sangat lezat, bahkan ikan gurame menjadi salah satu kuliner seafood walaupun harganya lumayan mahal.

Sama seperti artikel sebelumnya, di artikel ini kami akan membahas ikan gurame. Sebelumnya kami sudah menulis beberapa artikel mengenai ikan gurame seperti cara pembibitan benih ikan gurame dan cara budidaya gurame menggunakan terpal.
cara ternak ikan gurame kolam tanah dijamin sukses
cara ternak ikan gurame kolam tanah dijamin sukses
Baca Juga:
10 Langkah Ternak Ikan Gurame Menggunakan Terpal
Pokok bahasan artikel kali ini adalah cara budidaya ikan gurame menggunakan kolam tanah. Tentu melakukan budidaya ikan gurame menggunakan kolam tanah memiliki kelebihan disektor biaya, karena sobat tidak perlu merogoh kocek untuk membeli semen, batu dan bata untuk membangun kolam.

Menggunakan kolam tanah sebagai budidaya ikan gurame memang sangat cocok buat sobat yang masih mencoba-coba dan memiliki dana terbatas. Bagaimana? Minat melakukan budidaya ikan gurame menggunakan kolam tanah? Simak ulasannya disini.

10 Kiat Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

1. Menentukan Tempat

Pertama-tama anda harus memilih tempat yang akan digunakan untuk membuat kolam tanah. Pastikan tempat yang anda pilih tempat yang luas dan bersih dari hal-hal yang bisa mengganggu.
menentukan loaksi kolam tanah ikan gurame
menentukan loaksi kolam tanah ikan gurame
Ukuran tanah terbaik untuk membudidayakan ikan gurame adalah 100 sampai 500 meter2. Luas tanah tersebut bisa menampung 20 ekor ikan gurame per meter persegi.

2. Membuat Kolam

Setelah menentukan tempat, anda bisa memulai pembuatan kolam. Setelah menggali tanah, hal yang harus anda lakukan adalah membiarkan tanah minimal 3 hari atau hingga tanah mulai retak.
proses pembuatan kolam tanah budidaya ikan gurame
proses pembuatan kolam tanah budidaya ikan gurame
Kenapa harus menunggu tanah retak? Karena tanah retak merupakan ciri-ciri kondisi tanah sudah bebas dari hal-hal yang bisa menggangu kelangsungan hidup ikan gurame seperti penyakit, gulma dan hal-hal buruk lainnya.

3. Memilih Indukan yang Baik

Sembari menunggu tanah kolam retak atau bebas dari penyakit, silahkan sobat memulai untuk memilih indukan gurame yang baik. Alasan anda harus memilih indukan yang baik adalah agar anak yang dihasilkan berkualitas baik jadi harganya mahal. Seperti apa sih ciri indukan gurame yang baik? Berikut adalah ciri-ciri indukan ikan gurame yang baik:
cara membedakan indukan gurame jantan dan betina
cara membedakan indukan gurame jantan dan betina

Ciri Indukan Jantan

  1. Berat berkisar 2-2,5 kg
  2. Berusia 2 tahun
  3. Memiliki sisik besar dan teratur
  4. Kondisi fisik sehat dan warna cerah

Ciri Indukan Betina

  1. Berat 2,5 sampai 3 kg
  2. Berusia sekitar 2 tahun
  3. Memiliki sisik besar dan teratur
  4. Perut membulat dan alat kelamin memerah
Ciri-ciri indukan jantan dan betina sangat mirip, nyaris tidak ada perbedaan. Nah silahkan pilih indukan jantan dan betina yang memenuhi syarat atau menunjukan ciri-ciri diatas. Apabila penjelasan diatas kurang jelas silahkan kalian baca cara membedakan ikan gurame jantan dan betina untuk indukan.

4. Mengisi Air Kolam

Setelah tanah kolam retak, sudah waktunya sobat sekalian untuk mengisi air kolam yang akan digunakan untuk budidaya. Sebelum mengisi air kolam, sobat perlu memasang pintu air dan saringan air. Saringan air berfungsi sebagai pelindung yang bisa mencegah hama atau binatang masuk ke dalam kolam.

Selanjutnya sobat bisa memulai untuk mengisi air. Jangan lupa untuk memasukan pupuk ke kolam, jangan sembarangan mengisi pupuk sebab ada dosisnya. Untuk 1 meter persegi, sobat bisa memasukan pupuk seberat 500 gram sesuaikan dengan ukuran kolam, masukan juga kapur.

5. Pemijahan Ikan Gurame

Setelah melakukan langkah-langkah yang sudah dibahas sebelumnya, sobat bisa memasukan ikan gurame yang terpilih. Biasanya ikan gurame tidak langsung melakukan pemijahan karena mereka masih beradaptasi dengan lingkungan.

Setelah beradaptasi dengan lingkungan, barulah ikan jantan dan betina melakukan proses pemijahan. Umumnya, pemijahan ikan gurame terjadi pada sore dan malam hari.

6. Memberi pakan Ikan Gurame

daun kangkung salah satu pakan ikan gurame
daun kangkung salah satu pakan ikan gurame
Memberi pakan ikan gurame tidak sembarangan, sobat harus melakukannya secara bertahap. Waktu memberi pakan ikan gurame yang tepat adalah 3 kali perhari tepatnya pada pagi, siang dan sore hari. Sobat bisa memberikan pakan berupa daun genjer, daun kangkung, daun singkong dan daun sante.

7. Perawatan

Supaya hasilnya bagus, tentu ikan gurame harus dirawat. Cara merawat ikan gurame tergolong mudah yaitu dengan memberi pakan secara rutin. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi ikan yang anda budidaya.

Sobat juga perlu melakukan perawatan pada kolam. Caranya rutin memeriksa volume pada kolam, jangan malas-malas untuk menguras kolam jika airnya kotor dan selalu periksa kondisi pH air serta suhunya.

8. Pembesaran Ikan Gurame

pembesaran ikan gurame
pembesaran ikan gurame
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, ikan gurame pembesarannya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Waktu pembersaran ikan gurame berkisar 75-100 hari. Jika usia dan bobot gurame sesuai target barulah, ikan gurame sudah siap panen.

Lihat Juga:

9. Persiapan sebelum melakukan panen

Sebelum panen dimulai, silahkan untuk mengurangi volume air kolam. Siapkan jaring dan angkat jaring tersebut kemudian pindahkan ikan yang terjaring ke wadah lain seperti ember, baskom dan sebagainya.

10. Pasca Panen

proses panen ikan gurame kolam tanah
proses panen ikan gurame kolam tanah
Setelah panen bukan berarti sudah tidak ada lagi hal yang perlu anda lakukan, masih ada beberapa perlakuan pasca panen yang harus dilakukan, salah satunya:
Memperhatikan kepadatan, apabila sudah padat silahkan pindahkan ikan gurame ke tempat lain, hal ini bertujuan supaya ikan gurame tidak mati karena terlalu padat.

Itulah pembahasan cara membudidayakan ikan gurame kolam tanah yang benar dan dijamin sukses. Dengan modal kolam tanah, sobat bisa berbudidaya ikan gurame yang harganya mahal. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa!

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 10 Kiat Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

0 komentar:

Posting Komentar