10 Langkah Ternak Ikan Gurame Menggunakan Terpal

Ternak Gurame Kolam Terpal - Salah satu cara ternak gurame yang mudah dan murah adalah dengan memanfaatkan terpal. Terpal dapat dibuah sebagai kolam tempat dimana ikan gurame dibudidayakan. Membuat kolam terpal dinilai jauh lebih efektif dan efisien.

Siapa yang tidak tahu ikan gurame?, sebagian besar orang pasti sudah mengenal ikan yang sering diolah menjadi santapan lezat ini. Ikan gurame memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak, tak heran ikan gurame sering kali dipilih untuk dibudidayakan karena memiliki banyak penggemar dan harganya yang mahal.

Sepintas untuk membudidayakan ikan gurame memang seperti membutuhkan biaya yang besar karena biasanya ikan gurame dibudidayakan ditempat luas dan membutuhkan air yang terus mengalir dalam jumlah yang banyak.
cara budidaya ikan gurame dengan kolam terpal
cara budidaya ikan gurame dengan kolam terpal

Ternyata statemen itu tidak benar, untuk menggeluti bisnis ternak ikan gurame, ternyata tidak perlu repot-repot dan menghabiskan dana besar untuk perawatan dan membuka lahan karena perawatan ikan gurame sangatlah mudah untuk dilakukan, tak hanya itu ikan gurame juga bisa diternakkan menggunakan terpal.

Jangan buruk sangka dulu, walaupun diternakkan dengan cara yang sederhana, hasil panen ikan gurame tidak bakal kalah dibandingan dengan ternak menggunakan kolam lho. Bagaimana minat untuk membudidayakan ikan gurame dengan terpal? Simak cara ternak ikan gurame menggunakan terpal berikut

Langkah-langkah Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal

1. Siapkan Terpal

Berhubung ternak ikan gurame ini menggunakan terpal, maka dari itu sobat perlu menyiapkan terpal terlebih dahulu. Tentukan ukuran terpal terlebih dahulu, ukuran terpal tergantung pada seberapa luas lahan dan jumlah bibit yang akan anda ternakkan.
terpal untuk budidaya ikan gurame
terpal untuk budidaya ikan gurame
Setelah menentukan ukuran terpal, silahkan membuat rangka yang digunakan untuk menopang terpal. Anda bisa menggunakan pipa atau kayu sebagai rangka kolam terpal tersebut.

2. Bersihkan Kolam Terpal yang sudah dibuat

Walaupun terpal yang sobat gunakan masih baru, sobat wajib untuk membersihkannya dahulu karena terpal baru yang terbuat dari plastik biasanya mengandung zat kimia yang bisa membuat ikan mati. Maka dari itu silahkan bersihkan terlebih dahulu.

Baca Juga:
Cara Budidaya Udang Vaname dari Awal Hingga Panen

3. Mengisi Kolam dengan Air

Mengisi kolam tidak dilakukan dengan sembarangan, anda perlu memperhatikan ukuran kolam terpal yang anda buat, contoh jika sobat menggunakan kolam terpal dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1 meter, takaran air yang tepat adalah air berketinggian 50 cm - 70 cm.
isi air pada kolam ikan gurame
"Kenapa tidak diisi penuh?" karena dengan hanya mengisi air lebih sedikit, ikan gurame yang diternakkan akan lebih mudah meloncat dan menghindari menguapnya air pada saat turun hujan.

4. Memasukan Benih

Langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah memasukan benih ke kolam terpal yang sudah disiapkan. Untuk kolam dengan ukuran panjang 4 meter x lebar 2 meter x tinggi 1 meter, sobat bisa memasukan 200 ekor bibit gurame, semakin luas kolam semakin banyak juga bibit yang dimasukan.
benih ikan gurame
benih ikan gurame
Sobat juga memperhatikan usia benih yang akan dimasukan ke kolam terpal. Usia benih yang tepat adalah sekitar 2 bulan, karena benih gurame berusia 2 bulan sudah bisa beradaptasi dengan suhu di kolam terpal.

5. Memberi Makan yang Tepat secara Rutin

memberi makan ikan gurame
Memberi makan yang tepat untuk benih ikan gurame merupakan salah satu hal yang menentukan bagus tidaknya kualitas ikan gurame yang dihasilkan. Makanan yang bagus adalah makanan yang mengandung protein tinggi, supaya proses pertumbuhannya berjalan dengan baik.

6. Memberi Pakan Tambahan

Tak hanya diberi makanan yang berprotein tinggi, anda juga bisa memberikan pakan tambahan seperti daun kangkung dan ubi jalar, tumbuhan air, kuning telur, dan jagung rebus. Pemberian makan yang baik dilakukan pada pagi dan sore hari, jangan lupa untuk memberi makan secara rutin.

Baca Juga:
Jenis-Jenis Gurame Yang Cepat Besar Dan Cepat Panen

7. Mengatasi Suhu Panas

Terkadang suhu disekitar kolam bisa panas karena paparan sinar matahari, hal ini tentu tidak baik untuk ikan gurame. Cara mengatasi suhu panas di area kolam adalah dengan menanam pohon disekitar kolam, jangan lupa juga untuk memasukan enceng gondok didalam kolam supaya suhu tetap terjaga.

8. Jaga Kebersihan Kolam

cara menjaga kebersihan kolam terpal gurame
Ini merupakan perawatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Pembersihan kolam biasanya dilakukan untuk membersihkan sisa makanan ikan gurame, jangan lupa untuk mmenguras air dalam kolam supaya ikan mendapatkan oksigen yang cukup. Supaya air kolam tidak cepat kotor atau keruh, saya sarankan sobat untuk memasang filter air di kolam.

9. Jaga Kadar Keasaman

Sama dengan ternak ikan lainnya, ternak ikan gurame pun juga perlu untuk menjaga keasaman. Jangan bosan-bosan untuk menjaga pH air. Kondisi air yang baik adalah air dengan kondisi netral yang mengandung basa 6,5-7,5. "Bagaimana cara mengatasi air yang terlalu asam?" Simple, silahkan masukan kapur barus atau soda kue, jika terlalu parah sobat bisa memasukan asam fosfor.

10. Pemanenan

pemanenan ikan gurame
pemanenan ikan gurame
Umumnya proses pemanenan ikan gurame bisa dilakukan ketika ikan gurame berusia 5 bulan. Pada usia 5 bulan, biasanya ikan gurame sudah berbobot 6-7 ons tandanya siap panen. Silahkan perhatikan kondisi ikan, jika sudah memenuhi ciri diatas, berarti ikan gurame hasil ternak sobat sudah layak dipanen.

Baca Juga:
Cara Mudah Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina untuk Indukan
Itulah cara sederhana membudidayakan ikan gurame menggunakan terpal. Tentu melakukan ternak gurame harus dilakukan dengan baik agar kualitas ikan gurame yang dihasilkan sangat baik.


Cukup sekian bahasan mengenai cara ternak ikan gurame di kolam terpal, jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai ternak ikan lainnya. Semoga dengan pembahasan ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai budidaya ikan gurame.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 10 Langkah Ternak Ikan Gurame Menggunakan Terpal

0 komentar:

Posting Komentar