Cara Budidaya Ikan Silver Dollar, Dijamin Berhasil!

Ikan Silver Dollar - Ikan silver dollar adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Banyak pecinta ikan yang ingin melakukan budidaya ikan ini. Karena ikan silver dollar merupakan ikan yang memiliki potensi yang bagus mengingat ikan silver dollar bisa menembus pasar lokal bahkan seringkali juga ikan silver dollar di ekspor ke luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri/internasional.

Ikan silver dollar berasal dari Amerika tepatnya dari sungai amazon yang terkenal dengan ikan piranha nya. Sifat dari ikan silver dollar tergolong pemakan dedaunan atau yang disebut herbivora.

Ikan silver dollar berbentuk pipih yang termasuk tipis, ikan ini memiliki sirip berwarna putih transparan. Ikan silver dollar bisa berkembang hingga tubuhnya berukuran maksimal 20 cm saja.
cara budidaya ikan silver dollar
cara budidaya ikan silver dollar
Baca Juga:
Cara Budidaya Ikan Cupang, Dijamin Bisa!

Klasifikasi Ikan Silver Dollar

Seluruh hewan yang hidup dibumi pasti memiliki klasifikasi, salah satunya ikan silver dollar ini. Berikut ini adalah klasifikasi dari ikan silver dollar:

  • Phylum: Chordata
  • Classes: Actinopterygii
  • Ordo: Characlformes
  • Familia: Characidae
  • Spesies: Metynnis hypsauchen


Harga Ikan Silver Dollar

Harga ikan silver dollar bervariasi, tergantung ukuran tubuh dan usianya. Berikut ini adalah patokan harga dari ikan silver dollar baik itu berjenis kelamin jantan maupun betina:

  • Ukuran 4-5 cm: Rp: 4.500 - 6.000
  • Indukan: Rp: 15.000

Ikan silver dollar memiliki tubuh yang bentuknya mirip sekali dengan ikan piranha, tak heran jika ikan silver dollar disebut-sebut sebagai piranha imitator atau versi tiruan dari ikan piranha.

Mengingat asal ikan silver dollar berasal dari amerika, tak heran jika ada kelemahan saat membudidayakan ikan silver dollar di Indonesia yang jelas-jelas cuacanya berbeda.

salah satu kelemahan ketika membudidayakan ikan ini adalah sulitnya mencari benih untuk dibudidayakan. Hal ini terjadi karena susah sekali untuk memijahkan jenis ikan ini.

Akan tetapi setiap masalah pasti ada solusinya, ikan silver dollar bisa dibudidayakan dengan pemijahan secara buatan dengan rangsangan hormonal. Tentu ada perbedaan dengan pemijahan pada umumnya, bagaimana caranya? Terus simak panduan budidaya ikan silver dollar 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Hias Silver Dollar

1. Persiapkan Tempat Budidaya Ikan Silver Dollar

Seperti biasa, sobat perlu menyiapkan tempat atau wadah yang akan digunakan sebagai tempat dimana ikan silver dollar tersebut dibudidayakan, sobat bisa menggunakan bak/kolam semen atau akuarium. Letakkan tempat budidaya ikan silver dollar ditempat yang teduh dengan suhu antara 25-28° C. Siapkan juga air dengan tingkat optimal sekitar 6,5-7,0 dengan kekerasan sekitar 10° dH.

2. Membedakan Ikan Silver Dollar Jantan dan Betina

Langkah kedua yang harus sobat lakukan adalah membedakan ikan silver dollar jantan dan betina. Membedakan jenis kelamin ikan silver dollar sangat mudah sobat tinggal membedakan beberapa perbedaan antara ikan silver dollar jantan dan betina berikut

Ciri Ikan Silver Dollar Jantan
ikan silver dollar jantan
ikan silver dollar jantan

  1. Berbadan lebih langsing
  2. Sirip perut berwarna kemerahan
  3. Sirip berbentuk segitiga membulat
  4. Sirip anal / buntun berbentuk bundar berwarna jingga

Ciri Ikan Silver Dollar Betina
ikan silver dollar betina
ikan silver dollar betina

  1. Warna sirip perut lebih merah
  2. Sirip berbentuk tumpul lurus
  3. Buntut agak runcing dan berwarna jingga / merah menyolok apabila telah matang
Selain dari ciri-ciri diatas, dari segi sifat dan perilaku ikan silver dollar sering kali disamakan dengan ikan piranha, walaupun dianggap sama, ikan silver dollar memiliki perilaku yang tidak agresif seperti ikan piranha.

Tidak agresif bukan berarti dia akan diam apabila dirinya terancam, sifat tenang ikan silver dollar akan berubah menjadi agresif apabila ada ancaman.

Ikan silver dollar hidup berkelompok yang jumlahnya besar dan bergerak dengan cepat. Ikan silver dollar termasuk jenis ikan yang memiliki daya jelajah jauh.

Ikan silver dollar termasuk ikan omnivora, dia bisa memakan hampir semua jenis makanan yang ada dalam air seperti ganggang, tanaman air, cacing dan serangga.

3. Proses Pemijahan

Setelah membedakan ikan silver dollar jantan dan betina, waktunya sobat melanjutkan ke proses pemijahan. Pemijahan ikan silver dollar sebenarnya bisa saja dilakukan secara alami, akan sobat akan mengalami kesulitan dalam menentukan target produksi benih.

Akan tetapi kelemahan memijahkan ikan silver dollar bisa diatasi dengan memberikan rangsangan hormon kepada ikan silver dollar betina. Hormon yang digunakan untuk merangsang ikan silver dollar betina adalah ovaprim dengan dosis 0,7 ml/ kg bobot ikan, karena menggunakan berat sebagai tolak ukur dosis, sobat perlu menimbang ikan yang akan disuntik terlebih dahulu. 
obat bius ikan silver dollar
obat bius ikan silver dollar
Sebelum menyuntikkan rangsangan hormon ke ikan silver dollar betina, sobat perlu membius ikan silver dollar betina terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurasi rasa stress, sobat bisa menggunakan MS-222 dengan konsentrasi sekitar 100 mg perliter air

Setelah ikan silver dollar betina terbius, silahkan angkat ikan tersebut dan pindahkan diatas gabus busa tebal. Silahkan suntik pada bagian daging pungggung yang paling tebal. Harap menggunakan jarum suntik yang paling kecil dan kembalikan kembali ikan silver dollar tersebut ke wadah pemijahan.

4. Penetasan Telur & Perawatan Larva

Ketika telur mulai terlihat pada wadah pemijahan silahkan untuk memindahkan ikan silver dollar induk ke wadah lain, hal ini dilakukan karena mengambil telur ikan silver dollar sangat sulit dan butuh ketelatenan.

Ketika melakukan penetasan ketinggian air yang pas adalah 15 cm. Silahkan tambahkan metil biru 0,2 ppm ke wadah penetasan supaya tidak terkena jamur. Apabila sobat memperlakukan telur ikan silver dollar dengan baik, biasanya telur-telur tersebut akan menetas dalam kurun waktu 2-3 hari. 

Setelah larva sudah mulai bisa berenang, sudah waktunya sobat untuk mengganti air dalam wadah tersebut hingga airnya bersih dari metil biru. Sobat bisa memberi pakan larva yang sudah bisa berenang menggunakan infusoria atau artemia atau dengan kutu air apabila larva sudah berusia 3-4 hari.

5. Pembesaran

Kapan harus melakukan proses pembesaran? Proses pembesaran benih ikan silver dollar dilakukan ketika benih tersebut berusia 2-3 minggu. Pembesaran benih ikan silver dollar dilakukan dalam akuarium, bak atau kolam semen.

Pakan yang dibutuhkan untuk proses pembesaran adalah cacing sutra, bisa juga dengan selada sebagai tambahan. Ketika ukuran ikan silver dollar mencapai 2,5 - 3 cm, itulah pertanda ikan silver dollar sudah bisa dipanen. Biasanya butuh waktu 3 bulan lamanya, ikan silver dollar sudah layak untuk dipanen.

Itulah beberapa tahapan dalam melakukan cara budidaya ikan silver dollar yang baik dan benar, mengingat ikan ini memiliki prospek yang bagus tidak ada salahnya sobat untuk membudidayakan ikan silver dollar ini. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan mengenai budidaya ikan lainnya. 

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...

Related : Cara Budidaya Ikan Silver Dollar, Dijamin Berhasil!

1 komentar:

  1. Bismillah,Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...
    Kami menjual produk kapur diantaranya adalah :

    - Kapur Pertanian / Kaptan
    - Kapur Dolomite
    - Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung CaCo3 /Kalsium Karbonat /
    - Zeolite

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234
    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    BalasHapus