7 Tips Budidaya Ikan Mas Menggunakan Kolam Terpal

Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal - Ingin membudidayakan ikan mas? Artikel ini pas banget untuk anda karena akan mengulas tuntas tata cara membudidayakan ikan mas menggunakan kolam terpal yang mudah sekali dilakukan dengan modal yang sedikit.

Salah satu ikan yang populer di Indonesia adalah ikan mas. Jenis ikan tawar ini merupakan ikan yang sering menjadi pilihan pertama sebagai bahan olahan bisnis kuliner seafood yang belakangan ini sedang hits di Indonesia.

Ada beberapa contoh makanan hasil olahan dari ikan mas seperti ikan mas saus tiram, gulai ikan mas, sop ikan mas. Dan juga masih banyak lagi kuliner seafood yang menggunakan ikan mas sebagai bahan baku nya.
tips budidaya ikan mas di kolam terpal
tips budidaya ikan mas di kolam terpal
Karena kebutuhan pasar ikan mas yang sangat tinggi, belakangan ini ada banyak sekali peternak yang membudidayakannya ikan mas karena prospeknya bagus serta kebutuhan pasar yang besar, tak hanya itu harga per kilo ikan mas termasuk sangat stabil.

Kabar baik jika anda ingin membudidayakan ikan mas karena ikan ini bisa di budidayakan menggunakan berbagai jenis kolam seperti kolam tanah, kolam beton dan juga kolam terpal yang akan kami bahas pada postingan ini.

Kenapa menggunakan kolam terpal? Karena kolam terpal bisa didapatkan dengan harga yang murah, selain itu cara ternak ikan mas menggunakan kolam terpal tergolong sangat mudah untuk dilakukan tanpa perlu menyiapkan lahan lebar.

Supaya lebih lengkap lagi, silahkan disimak tata cara ternak atau budidaya ikan mas menggunakan kolam terpal yang benar supaya bisa cepat panen dan hasil panennya maksimal seperti berikut ini.

1. Mempersiapkan Kolam

Berbeda dengan persiapan kolam ikan mas yang menggunakan kolam tanah dan beton, cara mempersiapkan kolam terpal yang akan digunakan untuk ternak ikan mas ini tergolong tidak ruwet, jadi anda tidak akan mengalami kesulitan ketika mempersiapkannya.
kolam terpal untuk ikan mas
kolam terpal untuk ikan mas
Anda hanya perlu menyiapkan terpal yang sesuai dengan luas kolam ikan mas yang ingin anda buat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dasar dan dinding kolam terpal yang bisa menggunakan tanah bambu atau besi.

Kolam terpal ikan mas bisa dibuat di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung dan tidak langsung. Silahkan sesuaikan dengan kondisi suhu ditempat budidaya ikan mas anda.

2. Persiapan Bibit Ikan

Langkah kedua budidaya ikan mas menggunakan kolam terpal adalah mempersiapkan bibit ikan mas. Tahapan ini akan sangat menentukan bagus tidaknya kualitas ikan mas yang akan dipanen.
bibit ikan mas
bibit ikan mas
And bisa melakukan pemijahan ikan mas apabila anda ingin membuat benih sendiri. Jika dirasa ruwet, silahkan untuk membeli benih ikan mas di pasaran ternak ikan. Akan tetapi membeli benih ikan mas tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Bibit ikan yang unggul memiliki ciri-ciri yaitu pergerakannya gesit, kulitnya mulus tanpa luka atau jamur dan parasit lainnya, berasal dari indukan unggul dan bersertifikat, serta nafsu makannya baik. Setelah itu mulailah untuk memilih benih yang sehat dengan ukuran yang seragam supaya bisa panen  bersamaan.

3. Mengisi Air Kolam

Selanjutnya anda sudah bisa memulai untuk mengisi air pada kolam terpal dengan ketinggian air 15 cm yang sudah anda buat tadi. Setelah air terisi jangan lupa untuk memberikan pupuk organik yang sudah matang ke kolam terpal tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton dan ganggang dalam kolam terpal. Ganggang dan plankton adalah pakan alami ikan mas yang sangat bagus untuk membantu proses pertumbuhan benih ikan mas.

Tunggu beberapa hari sampai air berwarna hijau yang menandakan plankton dan ganggang tumbuh, silahkan isi secukupnya sesuai dengan ketinggian kolam terpal ikan mas yang anda buat.

4. Penebaran Benih

Setelah kolam siap, sudah waktunya untuk menebar benih ikan mas kedalam kolam. Walaupun sepele, anda tidak boleh menebarkan bibit secara sembarangan, ada juga aturan-aturan yang perlu dijadikan patokan ketika menebarkan benih.

Penebaran benih ikan harus disesuaikan dengan ukuran kolam. Setiap meter persegi anda hanya boleh menebarkan bibit ikan mas 20 ekor. Semakin luas kolamnya semakin banyak juga benih ikan yang bisa anda tebar. 

5. Pemberian Pakan

Ikan tidak usah diberi makan selama 2-3 hari setelah penebaran benih karena ada banyak pakan alami seperti plankton dan ganggang yang akan sangat membantu proses perkembangan benih ikan mas secara alami.

Barulah pada hari ke-empat semenjak penebaran, anda sudah boleh memberikan pakan. Pakan yang bagus untuk perkembangan ikan mas bisa berupa pelet yang mengandung protein 25% dengan dosis 3-4 % bobot ikan.
pakan em4
pakan em4
Selain pelet, ada juga beberapa pakan lain yang bisa diberikan contohnya pakan fermentasi dengan bantuan mikrobakteri lokal (MOL), anda bisa mendapatkannya di toko pertanian dengan nama EM-4 perikanan.

Memberi pakan yang baik dilakukan pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan dilakukan secukupnya supaya tidak ada sisa pakan membusuk yang bisa menggangu kesehatan ikan emas yang anda budidayakan.

6. Perawatan

Supaya hasil panennya maksimal anda juga perlu melakukan beberapa perawatan seperti memberikan vitamin yang bisa membuat ikan mas sehat dan kebal dari penyakit yang bisa mengancam kesehatan ikan.

Selain itu penting sekali untuk menjaga kondisi air agar dapat menghasilkan pakan alami dan menjaga kadar oksigen larut dalam air. Perhatikan juga perairan nya, ikan ini menyukai perairan dangkal dengan aliran yang tidak terlalu deras dengan suhu optimal untuk pertumbuhannya berkisar antara 25-30 derajat celcius.

Anda juga perlu memberantas hama yang merupakan ancaman besar saat ternak ikan, jangan malas untuk melakukan pengurasan kolam ikan mas jika air sudah sangat keruh. Harap lakukan perawatan ikan mas dengan telaten karena perawat adalah kunci sukses tidaknya ternak yang Anda geluti.

7. Pemanenan

pemanenan ikan mas kolam terpal
pemanenan ikan mas kolam terpal
Langkah terakhir dalam budidaya ikan emas menggunakan kolam terpal adalah pemanenan. Anda bisa memanen ikan berdasarkan ukuran dan berat ikan serta dengan cara memperhatikan permintaan pasar. Silahkan di panen sesuai dengan kebutuhan, anda juga bisa memanen dengan cara di pilih atau sekaligus.

Demikian cara budidaya ikan mas menggunakan kolam terpal yang bisa anda praktekkan dengan modal yang tidak terlalu banyak dan mudah sekali perawatannya. Terimakasih sudah membaca, sempatkan juga untuk membaca artikel ternak ikan lainnya.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : 7 Tips Budidaya Ikan Mas Menggunakan Kolam Terpal

0 komentar:

Posting Komentar