Cara Budidaya Ikan Cupang, Dijamin Bisa!

Budidaya Cupang - Banyak pecinta ikan hias yang ingin mengetahui cara budidaya ikan cupang. Ikan cupang, jenis ikan hias yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan baik itu hanya sekedar hobi atau untuk dijadikan bisnis.

Ikan cupang memang sangat cantik sekali, banyak orang yang memelihara ikan ini sebagai hiasan. Selain untuk menjadi hiasan, ikan cupang juga bisa sebagai petarung sama halnya ayam. Tentu ini merupakan bawaan sifat dari ikan cupang yang sangat agresif.

Mengingat ikan cupang memiliki banyak penggemar, tak heran rasanya apabila jenis ikan ini sering dipilih untuk dibudidayakan sebagai lahan bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan.
cara budidaya ikan cupang
cara budidaya ikan cupang
Baca Juga:
Cara Mudah Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina untuk Indukan
Untuk memelihara atau membudidayakan ikan cupang, sobat tidak perlu repot-repot membuat tempat atau lahan yang luas karena ikan cupang bisa dikembang biakan hanya bermodalkan lahan seadanya.

Bagaimana minat untuk membudidayakan ikan cupang? Mengingat bisnis jual beli ikan cupang yang sangat menjanjikan rasanya sobat tertarik untuk menggeluti bisnis budidaya ikan cupang ini. Nah untuk menjawab rasa ingin tau sobat sekalian, mari disimak cara budidaya ikan cupang yang simpel atau sederhana berikut

1. Tempat Budidaya Ikan Cupang

Sebelum memulai langkah-langkah perawatan ikan cupang, sobat perlu menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk membudidayakan ikan cupang. Biasanya tempat pemeliharaan ikan cupang mengguanakan bak semen atau akuarium, tenang saja sobat tidak perlu akuarium atau bak semen besar, cukup sediakan bak semen berukuran 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm.
akuarium budidaya ikan cupang
Jangan lupa juga untuk menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk proses perkawinannya. Sobat bisa menggunakan baskom, akuarium kecil atau ember sebagai tempat yang digunakan untuk mengawinkan ikan cupang yang ingin dibudidayakan.

2. Membedakan Kelamin Cupang untuk Dipijahkan

Langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah membedakan jenis kelamin ikan cupang yang siap untuk dipijahkan. Tentu ini merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan apalagi pada saat proses pemijahan / perkawinan. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan cupang jantan dan juga betina
cara membedakan jenis kelamin ikan cupang
cara membedakan jenis kelamin ikan cupang

Ciri cupang jantan siap dipijahkan

  • Berumur ± 4 bulan
  • Bentuk badan dan siripnya panjang
  • Gerakannya agresif dan lincah.
  • Kondisi badan sehat


Ciri cupang betina siap dipijahkan

  • Umur telah mencapai +- 4 bulan
  • Bentuk badan membulat pertanda siap kawin.
  • Gerakannya lambat.
  • Sirip pendek dan warnanya tidak menarik. kondisi badan sehat.


Pemijahan

Setelah memilih cupang jantan dan betina yang pas untuk pemijahan atau perkawinan, langkah budidaya ikan cupang yang harus sobat lakukan adalah:
  1. Menyiapkan baskom/akuarium kecil yang akan digunakan untuk proses pemijahan
  2. Silahkan isi baskom/akuarium tersebut dengan air bersih dengan ketinggian 15-20 cm.
  3. Masukan ikan cupang jantan 1 hari lebih awal dibandingkan ikan cupang betina
  4. Setelah 1 hari berlalu silahkan masukan ikan cupang betina, waktu yang tepat untuk memasukan ikan cupang betina adalah sore hari.
  5. Silahkan tunggu 1 hari kemudian, lalu cek wadah yang digunakan untuk pemijahan tersebut, umumnya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
  6. Hal yang selanjutnya harus sobat lakukan adalah memindahkan cupang betina ke tempat lain dan biarkan cupang jantan tetap ditempat pemijahan agar merawat telur hingga menetas.


Perawatan Anak

ikan cupang bertelur
ikan cupang bertelur
Setelah telur hasil pemijahan cupang betina dan jantan menetas. Sobat perlu melakukan perawatan anak cupang dengan baik dan benar supaya hasilnya maksimal. Bagaimana cara melakukan perawatan anak cupang? Simak langkah-langkah berikut:
  1. Perawatan anak cupang bisa sobat lakukan ketika burayak anak cupang sudah bisa berenang dan sudah tidak lagi terlihat kuning telurnya.
  2. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah memindahkan burayak anak cupang beserta cupang jantan tersebut ke wadah yang lebih besar untuk proses pembesaran
  3. Beri makan burayak anak cupang dengan kutu air lalu tutup wadah tersebut
  4. Biarkan selama sepuluh hari lalu pindahkan ke tempat lain, silahkan pindahkan anak ikan ke tempat lain setiap minggu supaya proses pertumbuhan bisa lebih cepat


Panen Ikan Cupang

Setelah ikan cupang berusia 1 bulan, sudah waktunya sobat untuk melakukan pemanenan. Sobat bisa melakukan seleksi terlebih dahulu atau memanen anak ikan cupang sekaligus. Apabila sobat melakukan seleksi, harap pisahkan ikan cupang yang berkualitas bagus dengan ikan cupang yang diseleksi ke dalam botol atau wadah yang berbeda.
panen ikan cupang
panen ikan cupang
Hal ini bertujuan supaya kedua ikan cupang bisa berkembang dengan sempurna dan menghindari perkelahian. Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan.

Lihat Juga:
  1. Jenis-Jenis Gurame Yang Cepat Besar Dan Cepat Panen
  2. Cara Budidaya Udang Vaname dari Awal Hingga Panen


Demikian langkah-langkah budidaya ikan cupang dari awal hingga panen yang kami bahas kali ini. Jika dilihat dengan caranya, budidaya ikan cupang ini memang sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar modal besar. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa untuk membaca artikel mengenai budidaya ikan lainnya di blog ini.

Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+

Baca Juga Artikel Lainnya :

Loading...
Tags :

Related : Cara Budidaya Ikan Cupang, Dijamin Bisa!

0 komentar:

Posting Komentar